Salin Artikel

Indonesia Akan Bagikan Keberhasilan Tangani Pandemi Covid-19 di Forum GPDRR

DENPASAR, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan akan menyampaikan keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang akan digelar pada 25-27 Mei 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali.

"Kita bisa membuktikan dalam waktu dua tahun Indonesia termasuk dalam satu negara yang terbaik dalam penangganan Covid-19," kata Suharyanto di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (23/5/2022).

Hanya saja, Suharyanto tidak membeberkan secara rinci poin-poin apa saja yang bisa dijadikan patokan bahwa pemerintah Indonesia telah berhasilkah menangani pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan, selain pengalaman dalam menangani bencana non-alam, Indonesia juga bakal membagikan pengalaman dalam menghadapi bencana yang disebabkan faktor alam.

Ia menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu dari 35 negara yang paling rawan mengalami musibah bencana alam. Namun demikian, Indonesia tetap bisa membuktikan kepada dunia internasional soal penanganan dan pemulihan pasca-bencana.

Suharyanto menyebutkan, Indonesia cepat melakukan program rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada tahun 2018, serta erupsi Gunung Semeru Lumajang, Jawa Timur, pada tahun 2021.

"Kita juga sudah berulang kali membuktikan kepada dunia terkait penanganan bencana, baik bencana alam seperti tadi gempa Palu, NTB itu bisa dilaksanakan secara cepat," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, negara peserta yang hadir dalam forum GPDRR bisa saling belajar terkait penanganan bencana, baik karena faktor alam maupun non-alam.

"Saling belajar kita juga akan belajar dari negara lain yang punya pengalaman lain. Sementara mereka juga banyak belajar dari kita. Kenapa kok banyak, yang banyak bencana memang kita," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/23/140116678/indonesia-akan-bagikan-keberhasilan-tangani-pandemi-covid-19-di-forum-gpdrr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke