Salin Artikel

Di Forum GPDRR, Presiden Jokowi Beberkan Sejumlah Capaian Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Jokowi mengatakan pada tahun 2021, Indonesia telah berhasil merestorasi lahan gambut seluas 3,4 juta hektar, menjaga dan merevitalisasi hutan mangrove sekitar 3,3 juta hektar, dan menurunkan kebakaran hutan dari 2,6 juta hektar menjadi 358.000 hektar pada tahun 2021.

Upaya tersebut merupakan komitmen Indonesia untuk mengurangi risiko bencana.

"Pengurangan risiko bencana adalah investasi yang efektif untuk mencegah kerugian di masa depan. Karena itu, kami menegaskan komitmen Indonesia untuk melaksanakan Kerangka Kerja Sendai serta komitmen internasional lainnya," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara rawan bencana, baik yang disebabkan faktor alam seperti gempa bumi disertai tsunami, letusan gunung berapi maupun faktor nonalam seperti kebakaran hutan.

Meski demikian, bencana tersebut dapat teratasi dan ditekan seminimal mungkin.

"Indonesia merupakan negara rawan bencana. Di tahun 2022 saja per 23 Mei telah terjadi bencana sebanyak 1.613. Rata-rata dalam sebulan terjadi 500 kali gempa, skala kecil maupun besar," tuturnya.


Menurut Jokowi, dengan berbagai pengalaman tersebut, Indonesia telah memiliki pengetahuan mitigasi bencana dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Sehingga bisa dipelajari oleh negara lainnya.

"Sebagai negara rawan bencana, Indonesia mempunyai akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang bisa menjadi pelajaran penting bagi dunia. Tapi, Indonesia juga ingin sangat ingin belajar dari pengalaman internasional," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/25/175039178/di-forum-gpdrr-presiden-jokowi-beberkan-sejumlah-capaian-upaya-pengurangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke