Salin Artikel

Tertunda 2 Tahun Imbas Pandemi, 45 Calon Jemaah Haji Asal Buleleng Berangkat Tahun Ini

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buleleng I Made Subawa mengatakan, calon jemaah haji yang dipastikan berangkat dari Buleleng sebanyak 45 orang.

Kata dia, pemerintah telah menetapkan kuota haji pada musim haji 2022 untuk Kabupaten Buleleng sebanyak 52 orang.

"Dari jumlah tersebut, 7 orang calon jemaah di antaranya masuk cadangan. Sehingga yang dipastikan berangkat 45 orang," katanya, Senin (30/5/2022).

Subawa menjelaskan, persyaratan calon jemaah haji yang akan berangkat menjadi bertambah sesuai ketentuan.

Yakni sudah melunasi ONH (ongkos naik haji), sudah vaksin meningitis, dan vaksin Covid-19 minimal dosia dua.

Pemerintah melalui Kemenag RI telah menetapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2022 yang dibayar jemaah haji tahun ini, rata-rata sebesar Rp 39.886.009.

Biaya tersebut meliputi biaya penerbangan, sebagian biaya akomodasi di Mekkah dan Madinah, biaya hidup (living cost), dan biaya visa.

"Sedangkan tahun 2020, rata-rata Bipih yang ditetapkan senilai Rp 36 juta. Artinya, ada selisih dengan penetapan Bipih 2022," ungkapnya.

"Biaya selisih itu tidak dibebankan kepada jemaah haji yang lunas tunda tahun 2020 dan tidak menarik ONH-nya. Namun, yang telah menarik ONH-nya tetap dibebankan sesuai selisih ONH terbaru," imbuhnya.

Pihaknya sudah meminta kepada calon jamaah haji dari Buleleng untuk melengkapi vaksinasi sebanyak tiga kali atau booster untuk berjaga-jaga jika ada pemeriksaan untuk persyaratan penerbangan tertentu.

"Untuk jemaah calon haji Buleleng dipastikan semuanya sudah booster dan aman untuk melakukan perjalanan haji tahun 2022," jelasnya.

Panitia juga tengah melakukan persiapan keberangkatan dengan manasik haji dan memastikan kelengkapan dokumen seperti paspor.

Jika sudah lengkap akan dilakukan permohonan visa ke kedutaan Saudi Arabia. Salah satu syaratnya adalah harus sudah vaksin minimal dua kali.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/05/30/133532978/tertunda-2-tahun-imbas-pandemi-45-calon-jemaah-haji-asal-buleleng-berangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke