Salin Artikel

Dukung G20, 160 Pebisnis Pilih Gowes Berwisata Keliling Bali

Koordinator Jelajah Bali Bike Jannes Eudes Wawa mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendukung pemerintah dalam rangka menurunkan emisi karbon di sektor transportasi untuk mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim.

Penurunan emisi gas karbon merupakan salah satu isu prioritas yang dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada November 2022.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya menyukseskan penyelenggaraan G20 Indonesia, yakni menggelorakan semangat bebas karbon dalam kehidupan masyarakat," kata Jannes di Denpasar, Sabtu (18/6/2022).

Selain itu, ujar Jannes, kegiatan ini untuk mendongkrak sektor pariwisata Bali yang sangat terdampak pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

Oleh karena itu, para peserta yang terdiri dari pria dan wanita ini akan menyusuri sejumlah obyek wisata di pedesaan.

Peserta berasal dari berbagai kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bandung. Bahkan, ada dari Batam, Pontianak, Bontang, Gorontalo, Makassar, dan Nabire.

"Ini sebetulnya mereka berwisata tapi di atas sadel sepeda. Ini hanya untuk bersenang-senang saja," kata dia.

Salah satu peserta kegiatan, Leotinus Alfa Edison mengikuti event itu tak hanya demi kesehatan, tetapi mendukung isu lingkungan yang dibahas di KTT G20.

"Menurut saya sepeda juga salah alat olahraga dan transportasi yang zero carbon, zero emession tetapi juga untuk hidup sehat sih," kata owner salah satu perusahaan start up ternama di Indonesia ini.

Dari pantauan Kompas.com, para peserta bergerak dari Jalan Bypass Sanur, Denpasar, Bali. Mereka dilepas Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polisi Resor Kota (Polresta) Denpasar, Kompol I Made Uder, sekitar pukul 06.30 Wita.

Mereka bakal menyusuri beberapa jalan menuju Kintamani, Bangli, Bali, dengan jarak tempuh sepanjang 116 kilometer, elevasi 1.370 mdpl.

Adapun beberapa jalan yang mereka lewati, yakni Jalan Tegal Besar, Jalan Bakas, Jalan Raya Desa Nyalian, Jalam Desa Tohpati Jalan Desa Tembuku, Jalan Desa Landih, Jalan Batur Tengah.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/06/18/094332478/dukung-g20-160-pebisnis-pilih-gowes-berwisata-keliling-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke