Salin Artikel

Harga Tiket Pesawat Mahal, Ini Strategi Sandiaga agar Sektor Pariwisata Bali Tetap Aman

Salah satu strategi tersebut adalah menyelenggarakan kegiatan yang dapat menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Ini kalaupun tiket pesawat mahal tapi orang pada datang karena ada event yang bisa menarik dan bisa jadi magnet," kata Sandiaga di Badung, Selasa (21/6/2022).

Sandiaga mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat disebabkan oleh jumlah penerbangan yang terbatas dan tingginya harga bahan bakat avtur.

Karena itu, Kemenparekraf akan melakukan pendekatan dengan membuka jalan agar penyelenggara event yang digelar di Bali berkolaborasi dengan perusahaan yang memiliki anggaran besar.

"Event-event yang semakin banyak ini kemungkinan kita bisa kolaborasikan dengan perusahaan teknologi yang kebetulan memiliki budget yang lebih besar sehingga tiket yang sekarang cendrung mahal karena terbatasnya penerbangan dan meningkatnya harga avtur ini bisa ada keterjangkauan dari para wisatawan," kata dia.

Salah satu contoh kegiatan internasional yang dimaksud Sandi adalah pelaksanaan Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference di Nusa Dua, Badung, Bali, yang digelar pada 21 hingga 24 Juni 2022.

Panita sejatinya menargetkan 700 peserta dari seluruh belahan dunia yang hadir dalam acara tersebut. Pada kenyataannya, kata Sandi, ada 1.100 peserta yang hadir.

"Konvensi ini merupakan konvensi global pertama di dunia (yang dilaksanakan) setelah pandemi (Covid-19), di mana 1.100 (peserta yang hadir dan) melewati target dari 700 peserta (yang berasal) dari seluruh belahan dunia, mulai dari Amerika dan Eropa," kata dia.

Sandiaga menambahkan, event internasional yang dihadiri jaringan investor sosial terbesar di dunia ini dapat akan menegaskan bahwa Indonesia khususnya Bali sudah siap dikunjungi di tengah pandemi Covid-19.

“Event ini tentunya membuat persepsi yang baik tentang ketahanan ekonomi Indonesia terhadap krisis, kemudian menunjukkan kesiapan dan kepemimpinan Indonesia kepada dunia, khususnya dalam hal pemulihan ekonomi global, serta mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat internasional untuk mengadakan kegiatan MICE di Indonesia,” katanya.

Dikutip dari Kompas.com, pada Jumat (3/6/2022), Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, tarif tiket pesawat yang mahal ini disebabkan oleh minimnya frekuensi penerbangan dan kurangnya armada pesawat yang beroperasi sedangkan permintaannya cukup tinggi.

Selain itu, kenaikan harga avtur yang menjadi bahan bakar pesawat juga menjadi biang kerok melambungnya tarif tiket pesawat.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/06/21/221431778/harga-tiket-pesawat-mahal-ini-strategi-sandiaga-agar-sektor-pariwisata-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke