Salin Artikel

KMP Nusa Dua Mati Mesin di Perairan Gilimanuk, 160 Penumpang Dievakuasi

Tim SAR gabungan pun mengevakuasi seluruh penumpang yang berjumlah 160 orang.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada menyampaikan, kapal tersebut mengalami mati mesin, Minggu (26/6/2022) pagi, pukul 04.10 Wita.

Kapal dengan rute Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk tersebut bertolak sekitar pukul 01.50 WIB.

Namun kemudian KMP Nusa Dua terbawa arus hingga kandas di posisi koordinat 8° 9'27.72"S - 114°26'1.08"T, yakni kurang lebih 0.5 Nm arah barat laut dari Pelabuhan Gilimanuk.

"KMP Nusa Dua total manifestnya 160 orang, di antaranya ABK berjumlah 13 orang dan sisanya adalah penumpang," terang Gede Darmada, Minggu. 

Tercatat kapal juga menampung 6 unit sepeda motor, 21 unit kendaraan roda empat (minibus, sedan), 12 unit mobil bak, 1 unit bus dan 2 unit truk.

Usai menerima laporan, Basarnas Bali menggerakkan 8 orang personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana.

"Pelaksanaan towing tidak berhasil, maka untuk mengindari kemungkinan terburuk segera tim SAR gabungan mengevakuasi seluruh penumpang" imbuhnya.

Secara bergantian, RIB Basarnas Jembrana, RIB Brimob dan 2 unit speed boat Polair Pos Gilimanuk mengevakuasi para penumpang.

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan diantarkan ke Pelabuhan Gilimanuk menggunakan kendaraan ASDP Gilimanuk.

Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Hendri menyebutkan, proses evakuasi berlangsung kurang lebih enam jam dan berjalan lancar.

"Kami sudah melaksanakan evakuasi dengan tim SAR gabungan dari pagi kurang lebih dari jam enam sampai dengan pukul delapan sepuluh menit," tuturnya.

Menurutnya, proses penarikan kapal tetap diupayakan dengan menggunakan tugboat.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/06/26/114604278/kmp-nusa-dua-mati-mesin-di-perairan-gilimanuk-160-penumpang-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke