Salin Artikel

Vaksinasi Booster di Bali Stagnan 70 Persen, Koster: Masyarakat Merasa Sudah Nyaman

Menurut Koster, capaian yang masih jauh di bawah target itu disebabkan masyarakat yang terlena dengan kondisi Covid-19 yang sudah melandai.

"Karena situasinya memang sudah melandai Covid-nya, masyarakat sudah nyaman. Karena merasa sudah nyaman, merasa tidak perlu lagi booster," kata Koster kepada wartawan saat meninjau Kantor Samsat Denpasar, pada Jumat (1/7/2022).

Koster mengatakan, pihaknya sejak lama sudah menargetkan capaian vaksinasi booster dapat menyamai capaian vaksinasi dosis kedua yakni 97 persen. 

"Kan vaksin pertamanya 105 persen, vaksin kedua 97 persen, booster susah lebih dari 70 persen. targetnya sebenarnya adalah boosternya sama seperti vaksin yang kedua 97 persen," kata dia.

Politikus PDIP itu mengaku telah meminta para pemangku kepentingan di daerah untuk kembali menggencarkan vaksinasi booster ke masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk menekan kasus Covid-19 yang kembali meningkat beberapa hari terakhir.

Target 80 persen

Ia memasang target pada akhir Juli 2022, capaian vaksinasi booster di Bali sudah mencapai 80 persen.

"Kemarin saya sudah rapat dengan bupati se-Bali, Kodam IX Udayana, Danrem, Polda Bali, Perbekel, dan desa adat, akhir Juli targetnya 80 persen," katanya.

Agar memudahkan masyarakat mengakses vaksinasi booster, Koster meminta gerai vaksin dibuka di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat seperti pasar, taman kota hingga tempat wisata.

"Buat titik-titik (gerai vaksin) untuk booster supaya mudah orang bisa jangkau, dikombinasikan dengan basis desa adat," ucapnya.

Berdasarkan data dari Pemerintah Pemprov Bali, capaian vaksinasi pertama di Bali telah mencapai 105 persen atau 3,9 juta penduduk. 

Sementara capaian vaksinasi kedua telah mencapai 96,5 persen atau 3,6 juta penduduk.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/07/01/134426178/vaksinasi-booster-di-bali-stagnan-70-persen-koster-masyarakat-merasa-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke