Salin Artikel

Raja-raja Nusantara dan Dunia Gelar Pertemuan di Bali pada Agustus 2022, Ini Agendanya

Ketua DPP MATRA KGPAA Mangku Alam II mengatakan, pertemuan yang bakal dihadiri para raja se-nusantara dan mancanegara ini akan digelar di Puri Klungkung, Bali dalam festival adat dan budaya nusantara.

"Kami melaksanakan festival adat dan budaya nusantara dan pertama kalinya kita laksanakan di Bali, tepatnya di Puri Klungkung," kata Mangku Alam II dalam keterangan rilis pada Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan, festival tersebut akan dihadiri oleh 206 kerajaan. Dari jumlah tersebut, 30 di antaranya adalah delegasi dari kerajaan mancanegara.

Adapun kerajaan mancanegara yang hadir, di antaranya dari Hawaii, Laos, Spanyol, Uganda, Gana, Kongo, Suriah dan Lebanon.

Festival ini juga akan diikuti dengan pengukuhan Andi Bau Malik Baramamase Tatukajanangan dari Kerajaan Gowa sebagai Ketua DPP Matra.

Mangku Alam II menuturkan, organisasi ini dibentuk pada tahun 2016 dan secara resmi dideklarasikan di Candi Borobudur pada Juli 2017.

Pembentukannya bertujuan untuk melestarikan dan menguatkan adat dan budaya yang tumbuh di nusantara.

Pertemuan para raja ini disambut positif oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace.

Cok Ace mengatakan, kegiatan ini memberi sumbangsih bagi upaya pemulihan perekonomian Bali yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Festival ini sejalan dengan komitmen Pemprov Bali dalam penguatan adat dan budaya," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/07/06/103946078/raja-raja-nusantara-dan-dunia-gelar-pertemuan-di-bali-pada-agustus-2022-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke