Salin Artikel

Video Viral Restoran Dalam Gua di Bali, Ini Penjelasan Camat dan Satpol PP

Video dengan watermark Ig.@ms.Sbong yang diunggah akun @BacangSpesial tersebut, terdengar seorang wanita yang sedang mempromosikan restoran The Cave yang berada di bawah hotel The Edge, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung.

Dia menyebut, gua tersebut sudah terbentuk jutaan tahun lalu dan setiap satu centimeter segmentasi yang ada dalam gua itu membutuhkan waktu 300 tahun agar terbentuk.

"Menurut aku tempat ini okey banget untuk pengalaman baru di Bali," kata wanita dalam video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta membenarkan keberadaan restoran dalam gua di Jalan Goa Lempeh, Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Camat Kuta Selatan dan personel Satpol PP Badung langsung terjun ke lapangan setelah melihat video yang viral tersebut.

Berdasarkan pemeriksaan, kata Arta, restoran itu terletak di bawah halaman hotel The Edge. Arta menyebut, manajemen hotel mengaku tak sengaja menemukan gua itu saat membangun area halaman.

"Jadi ketika waktu ada kegiatan pembangunan di sana ditemukan lubang, dan ketika ditelisik lagi ternyata di dalamnya ada gua. Masih di areal wilayahnya," kata dia saat dihubungi, Jumat (15/7/2022).

Namun, Arta belum memastikan apakah manajemen hotel telah mengantongi izin pembangunan restoran di gua tersebut.


Arta mengaku telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengkaji keberadaan restoran itu, seperti standar keamanannya.

"Ini yang akan kita infokan ke OPD teknis untuk kita lakukan kajian, kita baru tahu kemarin juga kita juga menanyakan untuk keamanan kemarin itu. Orang ke bawah aman atau tidak, kan harus ada kajiannya itu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengaku, telah menerima laporan awal dari personelnya yang turun ke lapangan.

Namun, pihaknya berencana akan kembali mendatangi lokasi restoran dalam gua tersebut pada Selasa (19/7/2022).

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah restoran tersebut sudah memenuhi aturan yang atau tidak.

"Saya belum bisa pastikan kalau belum lihat. Karena kita tidak bisa mengatakan salahi aturan kalau belum cek," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/07/15/132903678/video-viral-restoran-dalam-gua-di-bali-ini-penjelasan-camat-dan-satpol-pp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke