Salin Artikel

Bobol Brankas Senilai Rp 90 Juta, Komplotan Perampok Ditangkap, 2 di Antaranya Pecatan TNI

BULELENG, KOMPAS.com - Polisi menangkap empat orang komplotan perampok yang membobol brankas dan membawa lari uang tunai senilai Rp 90 juta di Kantor Balai Teknik Pantai, di Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Dari empat pelaku yang ditangkap, dua di antaranya merupakan pecatan anggota TNI, yakni YS (34) dan ASM (37). Sedangkan dua pelaku lainnya berinisial IO (47) dan OHR (42).

Keempatnya sempat ditembak oleh polisi karena berusaha kabur saat akan ditangkap. Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan dua orang pelaku lainnya, yakni IM (35) dan ML (28) ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Gerokgak, Kompol I Ketut Suaka Purnawasa mengatakan, aksi perampokan tersebut terjadi pada Minggu (3/7/2022) sekitar pukul 01.30 dini hari.

"Dua orang petugas jaga di kantor tersebut, disekap oleh pelaku," katanya, Rabu (20/7/2022).

Dia mengungkapkan, masing-masing pelaku memiliki peran berbeda. Ada yang bertugas untuk menyekap dan menjaga petugas jaga, ada yang bertugas membobol brankas, dan ada yang bertugas mengemudikan mobil.

"Dalam aksi itu, para pelaku membobol tiga brankas di kantor itu dan membawa kabur uang tunai sebesar Rp 90 juta yang tersimpan di dalam brankas," katanya.

Kejadian ini lantas dilaporkan ke polisi. Sementara para pelaku langsung kabur ke wilayah Kuta Utara, Kabupaten Badung. Di sana mereka membagi uang tunai hasil perampokan.

Hasil penyelidikan, polisi mendapat informasi keenam terduga pelaku menginap di salah satu penginapan yang ada di wilayah Kuta Utara. Akhirnya, polisi berhasil menangkap empat orang pelaku dan dua orang melarikan diri. Penangkapan berlangsung pada Senin (4/7/2022).

Dari tangan mereka, polisi berhasil mengamankan uang sisa hasil kejahatan sebesar Rp 8,2 juta.

Para pelaku pun dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Mereka terancam hukuman penjara paling lama 12 tahun.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/07/20/151307378/bobol-brankas-senilai-rp-90-juta-komplotan-perampok-ditangkap-2-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke