Salin Artikel

Soal WNA Tulis Antrean 5 Jam di Bandara Bali, Kemenkumham: Minggu Ini Kita Perintahkan Pulang

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Bali Anggiat Napitupulu mengatakan, Kemenkumham mengambil sikap persuasif kepada WNA tersebut.

"Dalam minggu ini juga akan kita perintahkan pulang (WNA Jerman). Dan yang bersangkutan sudah mengetahui adanya ultimatum itu karena udah kita ingatkan," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Anggiat mengatakan, WNA tersebut masih berada di Bali dan dalam pemantauan pihak Imigrasi.

"Saya sudah instruksikan ke Imigrasi baik di Ngurah Rai, Denpasar maupun divisi, benar bahwa dia di bawah pemantauan mereka," katanya.

Anggiat menuturkan, pihaknya masih mendalami motif WN Jerman itu membuat tulisan yang  tak bisa dipertanggungjawabkan tersebut.

Meski begitu, kata Anggiat, Kemenkumham memilih bersikap bijak menyelesaikan persoalan ini. Sehingga, tidak berdampak terhadap pariwisata Bali.

"Kita berkoordinasi dengan stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya, jadi ada masukan kita harus bersikap bijak, dalami dulu, karena kita enggak tahu motifnya apa. Jadi ada kepentingan lain yang kita persiapkan," katanya.

Sebelumnya, WN Jerman itu diberi ultimatum untuk meninggalkan Indonesia sebelum 30 hari masa berlaku Visa on Arrival (VOA).


Dia masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Jumat 29 Juli 2022 mengunakan VOA.

Turis asing ini membuat heboh usai menerbitkan artikel di media asing www.loyaltyLobby.com dengan menyebut antrean di konter Imigrasi mencapai lima jam.

Belakangan, artikel yang ditulisnya tersebut bukan berdasarkan pengalaman pribadinya, melainkan orang lain. Dengan demikian, dia tidak bisa menerangkan kapan dan di mana antrean tersebut terjadi.

Sedangkan, berdasarkan data pada aplikasi perlintasan keimigrasian tercatat, WNA itu hanya menghabiskan waktu 53 menit saat mengurus dokumen perjalanan di terminal kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/08/02/134738878/soal-wna-tulis-antrean-5-jam-di-bandara-bali-kemenkumham-minggu-ini-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke