Salin Artikel

Tabung Solar Meledak Saat Ngaben Massal di Bali, 8 Orang Alami Luka Bakar

Ledakan yang bersumber dari tabung kompor pembakaran jenasah itu mengakibatkan delapan orang mengalami luka bakar serius.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Bali Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, insiden ini diduga jarak selang antara tabung dan kompresor terlalu pendek.

Akibatnya, tabung menjadi panas sehingga akhirnya meledak.

"Di TKP ditemukan kondisi tabung minyak dalam keadaan jebol di bagian bawah, kompresor pendorong minyak yang menghubungkan tabung dan selang rusak terbakar," kata Satake Bayu dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/8/2022).

Bayu menuturkan, upacara ngaben massal ini diikuti oleh 14 kelompok dengan 64 Sawe (ruhani leluhur umat Hindu yang telah meninggal dunia) yang digelar sejak pukul 18.45 Wita.

Lalu, sekitar 19.30 Wita, saat pembakaran sawa kelompok Arya Tanmundur, tiba-tiba tabung minyak berisi bahan bakar solar meledak.

Api lalu menyambar petugas bagian kompor dan warga yang berada di sekitar lokasi pembakaran.


"Terjadinya korban luka bakar kemungkinan posisi korban dekat dengan sumber ledakan," kata Bayu.

Para korban dalam kejadian ini adalah tiga petugas kompor, tiga warga dewasa, dan dua anak-anak.

Dari delapan korban ini, enam orang di antaranya mengalami luka bakar di sekujur tubuh. Sedangkan, dua orang lainnya alami luka bakar pada jari tangan dan siku.

"Kasus ini masih dalam Lidik Polsek Blahbatuh," imbuh Bayu.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/08/20/094826278/tabung-solar-meledak-saat-ngaben-massal-di-bali-8-orang-alami-luka-bakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke