Salin Artikel

Sempat Cekcok gara-gara Kotoran Anjing, 2 WNA di Buleleng Akhirnya Berdamai

Kedua ekspatriat yang tinggal bertetangga di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, ini bersitegang, pada Kamis (29/9/2022).

Berstus tidak terima binatang peliharaan milik Matthew masuk dan buang kotoran di pekarangan rumah miliknya. Kedua WNA yang tinggal bertetangga itu sempat terlibat cekcok.

Polisi lalu memediasi kedua WNA itu di Kantor Desa Panji. Keduanya sepakat berdamai setelah dipertemukan dalam forum sistem pengamanan lingkungan terpadu berbasis adat (Sipandu Beradat).

Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi mengatakan, pertemuan itu dilakukan untuk mengantisipasi cekcok tersebut melebar. Polisi juga mencegah terjadinya perkelahian.

"Dalam pertemuan, pihak-pihak yang sebelumnya bersitegang akhirnya dapat dimediasi dan memilih jalan kekeluargaan," ujar Agus saat dikonfirmasi Jumat (30/9/2022).

Kedua belah pihak pun bersepakat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan perdamaian, dan menandatangani surat perjanjian.

"Terkait hewan piaraan masing masing pemilik telah sanggup untuk menaruh di kandang dengan baik sehingga tidak mengganggu kenyamanan tetangga lainnya," imbuh dia.

Agus menambahkan, lewat forum Sipandu Beradat, aparat Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Desa Adat dan Desa Dinas berupaya menyelesaikan permasalahan di desa.

Sehingga persoalan tersebut selesai tanpa harus melibatkan proses hukum.

"Keamanan, ketertiban masyarakat di desa pun bisa terjaga dengan baik," tandasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/09/30/100748078/sempat-cekcok-gara-gara-kotoran-anjing-2-wna-di-buleleng-akhirnya-berdamai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke