Salin Artikel

Antisipasi Potensi Kerawanan Saat KTT G20, Polri Kerahkan 9.700 Personel

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan TNI, BIN, dan lembaga terkait, untuk pengamanan KTT G20.

Hal ini dilakukan pertemuan yang bakal dihadiri para kepala negara dan delegasi anggota G20 tersebut berjalan aman dan lancar.

"Kita betul-betul menyiapkan langkah-langkah dan upaya untuk mengantisipasi semua potensi kerawanan yang ada. Potensi kerawanan merupakan hasil intelijen sudah gabungan dari kepolisian,TNI dan BIN, serta lembaga terkait," kata dia usai pelatihan Pra Operasi Puri Agung 2022 di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Bali, Kamis (3/11/2022).

Gatot mengatakan, Operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan G20 melibatkan personel dari tiga Polda yakni, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

"Keseluruhan jumlah anggota dari Polri kurang lebih 9.700 orang," kata dia.

Gatot menambahkan, pihaknya menggelar latihan pra Operasi Puri Agung 2022 ini untuk meningkatkan keterampilan personel di lapangan untuk mengendus potensi kerawanan saat G20.

Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari mulai 3-5 Oktober 2022.

"Mereka juga harus tahu potensi-potensi kerawanan di tempat di mana mereka ditugaskan nanti kemudian cara bertindak apa yang harus dia lakukan di tempat kejadian jelang dan pasca presidensi G20," kata dia.

Adapun persiapan pengamanan, Gatot mengatakan seluruh personel sudah masuk Polda Bali mulai 1 November 2022. Selain itu, sarana dan prasarana seperti kendaraan listrik, baik mobil maupun sepeda motor, juga telah disiapkan.

"Penggunaan kendaraan listrik sudah kita siapkan dari Korlantas Polri, baik mobil dan motor untuk pengawalan kepala negara dan anggotanya sudah diberi pelatihan dan diuji," kata dia.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan KTT G20 akan berlangsung selama 10 hari sejak 8-17 November 2022.

Seperti diketahui, forum G20 adalah forum kerja sama 20 negara ekonomi utama dunia. Forum internasional tersebut yang akan digelar pada 15-16 November 2022 di Bali.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/03/132808478/antisipasi-potensi-kerawanan-saat-ktt-g20-polri-kerahkan-9700-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke