Salin Artikel

Pemkab Buleleng Buka Ratusan Formasi PPPK Guru, Tahapan Seleksi Tak Lagi Pakai CAT

Kepala BKPSDM Buleleng Gede Wisnawa mengatakan, seleksi PPPK guru merupakan usulan yang dikirim kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada 2021.

Proses pendaftaran dibuka selama 31 Oktober hingga 13 November 2022. Setelah pendaftaran ditutup, tahap seleksi administrasi akan dilakukan pada 15 November.

Proses seleksi PPPK tahun ini tak menggunakan computer asssited test (CAT) lagi. Pemerintah pusat telah memutuskan melibatkan kepala sekolah, guru senior, pengawas, Kepala BKPSDM Buleleng, dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng, untuk menguji peserta.

"Jadi tesnya sekarang berbasis kompetensi, kemampuan dan pengalaman kerja. Pemerintah pusat telah memberikan kewenangannya kepada daerah untuk menguji peserta," kata Winsawa di Buleleng, Jumat (4/11/222).

Pelamar prioritas satu merupakan pelamar yang sebelumnya telah mengikuti seleksi PPPK Guru pada 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas, tetapi belum mendapatkan formasi.

Prioritas II adalah THK-II yang tidak termasuk dalam THK II pada kategori pelamar Prioritas I. Sedangkan Priorotas III merupakan guru non-ASN yang memiliki masa kerja minimal tiga tahun pada Dapodik.

Sedangkan Prioritas Umum diperuntukan bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kemendikbud serta pelamar yang terdaftar di Dapodik.

"Jadi memang yang diprioritaskan itu pelamar yang sebelumnya mengikuti seleksi tahun lalu. Sepanjang sekolah yang dipilih tersedia formasinya," ucap Wisnawa.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/04/131443678/pemkab-buleleng-buka-ratusan-formasi-pppk-guru-tahapan-seleksi-tak-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke