Salin Artikel

Polri Pakai Teknologi "Face Recognition" untuk Deteksi DPO Masuk Bali Saat KTT G20

Teknologi canggih itu digunakan untuk mendeteksi wajah orang yang dicurigai masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, mengatakan, teknologi face recognition ini terpasang di sejumlah titik dan langsung terhubung dengan Command Center Polda Bali.

"Command center ini juga menggunakan face recognition sehingga jika ada satu DPO yamg kita curigai di tempat tersebut kita bisa mengambil langkah-langkah apa yang kita lakukan sesuai cara bertindak yang kita siapkan," kata dia usai memimpin pelatihan pra Operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan pelaksanaan presidensi KTT G20 di Bali, pada Jumat (4/11/2022).

Gatot mengatakan, keberadaan Command Center untuk mengawasi dan mengontrol aktivitas para personel di lapangan serta sarana dan prasarana KTT G20.

"Tadi kita langsung melihat simulasi-simulasi di lapangan melalui command center dan bisa mengontrol semuanya di sana," kata dia.


Gatot menambahkan, simulasi Operasi Puri Agung 2022 digelar untuk memantapkan pengamanan agar sesuai dengan rencana.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi dalam latihan ini apabila masih terdapat kekurangan yang bisa menjadi celah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Sehingga pelaksanaan presidensi G20 mulai daru persiapan, pada saat dan pasca bisa berjalan aman lancar dan tak ada gangguan," kata dia.

Seperti diketahui, Polri tengah melaksanakan latihan pra Operasi Puri agung 2022 yang diikuti 4.700 personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Bali dan juga Polda jajaran se-Indonesia.

Dalam pelatihan itu, para personel mengikuti pelatihan berbagai latihan, di antaranya tactical floor game dan tactical digital game layaknya metaverse.

Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan personel yang bertugas dalam mengamankan seluruh rangkaian jalannya KTT G20 di Bali.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/04/160106078/polri-pakai-teknologi-face-recognition-untuk-deteksi-dpo-masuk-bali-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke