Salin Artikel

Secret Service AS dan China Mulai Kirim Logistik Pengamanan KTT G20

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping telah dijadwalkan menghadiri pertemuan forum ekonomi tersebut.

Asisten Operasi (Asops) Komando Operasi Udara (Kaskoopsud) II Kolonel Pnb Bambang Sudewo mengatakan, pesawat militer AS sudah mulai melakukan loading dock (bongkar muat) kebutuhan logistik pengamanan Presiden AS Joe Biden di Base Ops Lapangan Udara (Lanud) Ngurah Rai, Badung, Bali.

Alat-alat pengamanan Presiden AS diangkut mengunakan pesawat militer jenis C-17 Globemaster, sejak 8-9 November 2022.

"Sampai saat ini AS, dia C17 sudah 6 shorty yang mendarat di Bali yang memuat muatan kargo security system dari Secret Service mereka," kata Bambang kepada wartawan, Rabu (9/11).

Bambang mengatakan, security system yang diangkut itu sudah sesuai dengan kebutuhan pengamanan di Bali.

Sebelumnya, pihak Secret Service AS sudah intens berkomunikasi dengan TNI untuk mengetahui kebutuhan mereka selama berada di Bali.

"Tadi itu jam satu siang mereka tiba, dan dengan hadirnya teknologi canggih mereka tentu punya parameter sendiri untuk pengamanan Presiden mereka. Kalau tadi itu mereka dari Guam, Filipina langsung direct ke Bali," katanya.

Bambang mengatakan, China mengirim kebutuhan logistik pengamanan Presiden menggunakan pesawat kargo sipil, bukan pesawat militer.

Hal serupa juga dilakukan Arab Saudi untuk pengamanan Raja Salman bin Abdulaziz dan rombongan yang dijadwalkan hadir dalam pertemuan internasional tersebut.

Adapun kebutuhan logistik pengamanan kepala negara yang telah dikirim itu di antaranya senjata api, peralatan komunikasi, dan alat detektor.


Bambang mengatakan, seluruh logistik pengamanan itu disimpan di hotel tempat menginap masing-masing kepala negara tersebut.

"Ya rata-rata sih mereka membawa security system, advanced tim, peralatan komunikasi, paket pengamanan dari Presiden mereka seperti senjata mereka, alat screening, detector dan sebagainya," katanya.

Bambang memperkirakan, 17 negara anggota dan sembilan undangan VVIP akan aktif mengirimkan kebutuhan logistik pengamanan pada Minggu (13/11/2022).

Satgas Udara Pengamanan KTT G20 telah menyiapkan bandara tambahan untuk menampung pesawat angkut dan pesawat pendukung kepala negara, yakni di Makassar, Surabaya, Solo, Halim Perdanakusuma, dan Cengkareng.

"Jadi setelah mereka mengantar, delegasi unloading (bongkar muat atau mendarat) sudah masuk hotel dan pesawat ini kita berikan clearance mereka landing di sana, termasuk pasukan pengamanan sudah kita siapkan," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/09/205234278/secret-service-as-dan-china-mulai-kirim-logistik-pengamanan-ktt-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke