Salin Artikel

Dua Warga China Diamankan karena Hendak Galang Massa Tolak G20 di Bali

KOMPAS.com - Dua warga China diamankan Direktorat Jenderal Imigrasi karena diduga hendak berunjuk rasa menolak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Keduanya masing-masing berinisial HCC dan YX. Mereka diamankan petugas Imigrasi di Jakarta pada Jumat malam (12/11/2022).

“Benar, saya sudah dapat laporan dari Direktur Intelijen dan Direktur Wasdakim, bahwa ada 2 warga negara China yg akan merencanakan melakukan demo pada saat pelaksanaan G20,” ujar Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjan dilansir Kompas.com dari website resmi Imigrasi, Sabtu (12/11/2022).

Widodo mengatakan, kedua WNA tersebut hendak melakukan upaya provokasi untuk menggalang massa menolak KTT G20 di Bali. Hal itu berdasarkan bukti yang ditemukan petugas saat mengamankan kedua orang itu.

“Segera saat itu juga saya perintahkan agar diambil langkah-langkah antisipasi untuk pengamanan dan dilakukan pemeriksaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta segera berkoordinasi dengan pihak Kedutaan China dan Kemenlu,” ungkap Widodo.

Menurut Widodo, WN China tersebut merupakan pemegang Visa Tinggal Terbatas dalam rangka bekerja sehingga dilarang melakukan aktifitas politik di Indonesia.

Mereka dianggap melanggar aturan keimigrasian karena melakukan kegiatan tidak sesuai dengan izin tinggal yang dimilikinya.

“Pelanggaran keimigrasiannya adalah mereka melakukan kegiatan yang tidak sesuai atau melanggar izin tinggalnya dan melakukan aksi provokasi mengajak demo di acara G20. Saya sudah perintahkan kepada Direktur Wasdakim supaya menindak tegas dan tetap humanis serta dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta berkoordinasi dengan K/L terkait dan pihak perwakilan,” jelas Widodo Ekatjahjana.

Pada kesempatan sebelumnya, Widodo telah menyatakan akan menindak tegas orang asing yang berpotensi mengganggu KTT G20 di Bali. Widodo akan langsung mendeportasi orang asing yang dikhawatirkan mengganggu pelaksanaan event puncak G20.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/14/050300478/dua-warga-china-diamankan-karena-hendak-galang-massa-tolak-g20-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke