Salin Artikel

Bangganya Siswa SMK Tunjukkan Kesenian Bali ke Presiden China

Presiden Xi melawat ke Bali untuk menghadiri perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022.

Kedatangan Xi Jinping ini langsung disambut pertunjukan kesenian Baleganjur atau alat musik Bali, dan Tarian Pendet di Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Komang Surya (17), salah satu peserta Baleganjur dari SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar, Bali, mengaku, sangat bangga karena diberi kepercayaan untuk mempertontonkan kesenian Bali di depan Presiden China

Saat Xi Jinping tiba di Ngurah Rai bersama rombongannya, mereka diberi kesempatan untuk melakukan antraksi Baleganjur selama 15 menit.

"Kita hanya nyambut Presiden China. Pas turun pesawatnya disambut dulu dari tari pendet, habis itu baru pakai Baleganjur," kata Surya dengan semangat, Senin.

Surya mengatakan, kelompok Baleganjur dari SMK Negeri 3 Sukawati ini terdiri dari 26 orang penabuh.

Mereka sudah melakukan persiapan selama tiga bulan untuk penyambutan Presiden China ini.

Surya berharap para pemimpin dari negara anggota G20 yang disambut dengan kesenian Baleganjur dan tari pendet ini bisa membuat kesenian budaya Bali semakin mendunia.

"Semoga dengan adanya ini kesenian Bali dapat berkembang lagi," kata dia.

Selain Baleganjur dan Tari Pendet, kedatangan Presiden China ini juga disambut oleh 40 mahasiswi dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) Bali.

Mereka menyambut kedatangan Xi Jinping dengan mengenakan pakaian adat Nusantara sembari mengibarkan bendara China dan Indonesia.

Dari pantauan Kompas.com, iring-iringan mobil pengawalan Presiden China ini juga disambut dengan kesenian Baleganjur di depan pintu keluar terminal VVIP Bandara Ngurah Rai.

Sama dengan kedatangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, ruas jalan Airport Ngurah Rai juga langsung disterilkan saat iring-iringan mobil pengawal Presiden China hendak menuju venue G20 di Nusa Dua, Badung, Bali.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/14/165107378/bangganya-siswa-smk-tunjukkan-kesenian-bali-ke-presiden-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke