Salin Artikel

Momen Menlu Meksiko Buka Pameran Foto dan Lukisan di Bali

BADUNG, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard Casaubon, membuka pameran foto dan lukisan di Museum Pasifika ITDC Bali, Nusa Dua, Badung, Bali, pada Senin (14/11/2022).

Pameran dengan tema ‘Shapes in the landscape: Covarrubias’ Bali and Mexico South’ tersebut menampilkan karya foto dan lukisan Miguel Covarrubias, pelukis asal Meksiko. Covarrubias pada tahun 1930 mengunjungi Bali bersama istrinya, Rosa Rolanda, dan menetap di Bali hingga tahun 1933.

Pada tahun 1937, Covarrubias menulis buku The Island of Bali yang berisikan kumpulan lukisan dan foto yang menggambarkan kehidupan masyarakat Bali pada masa itu.

Pada kesempatan itu, Menlu Meksiko Marcelo Ebrard Casaubon didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Ace.

Cok Ace menyampaikan, hubungan baik antara Meksiko dengan Bali telah terjalin sejak tahun 1930-an.

Selain menunjukkan hubungan baik Meksiko dan Bali di bidang seni, karya Covarrubias dapat memberikan gambaran tentang kentalnya budaya serta tradisi Bali di masa itu.

“Covarrubias menulis buku tahun 1937 jadi sedikit banyak bisa memberikan gambaran kondisi Bali tahun 1937 dan apa yang menjadi poin daya tarik utama pada tahun itu,” ujar Cok Ace, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Cok Ace, Covarrubias menjadi salah satu catatan perkembangan sejarah pariwisata Bali yang pada masa itu berkembang berkat seniman luar yang datang ke Bali dan memperkenalkan Bali ke seluruh dunia.

Selain memamerkan hasil seni Covarrubias, pada kesempatan tersebut juga dipamerkan lukisan dari 20 seniman peserta KTT G20.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/15/144830478/momen-menlu-meksiko-buka-pameran-foto-dan-lukisan-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke