Salin Artikel

Bandara Ngurah Rai Bali Layani 34 Pesawat VIP Delegasi KTT G20

BADUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 34 pesawat VIP delegasi KTT G20 mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali, pada periode 13-15 November 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, sebagian dari pesawat tersebut ada yang parkir di Bandara Ngurah Rai. Sebagian lagi ada yang parkir di delapan bandara Angkasa Pura I di luar Bali yang ditetapkan sebagai lokasi penempatan pesawat VIP delegasi KTT G20.

"Sesuai dengan rencana operasional penanganan pesawat VIP delegasi KTT G20, sebagian pesawat ada yang ditempatkan atau Remain Over Night (RON) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," kata dia dalam keterangan tertulis pada Selasa (15/11/2022).

Ia mengatakan, pada 13 November 2022, pihaknya melayani tujuh pesawat VIP yang terdiri dari lima pesawat kategori utama, yakni dari Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Sedangkan dua pesawat pendamping lainnya yakni dari Perancis dan Amerika Serikat.

Kemudian, pada 14 November 2022, sebanyak 25 pesawat dengan rincian 19 pesawat VIP kategori utama, yakni dari Senegal, Turkiye, Uni Emirat Arab, Australia, dan Kanada.

Berikutnya, China, Argentina, Perancis, Afrika Selatan, Ingris, Kamboja, Spanyol, Italia, India, Jerman, Singapura, Belanda, dan dari Rwanda dua pesawat.

Sedangkan, enam pesawat VIP pendamping dari Turkiye, China, Spanyol, Australia, dan Uni Emirat Arab dua pesawat.

Sementara pada 15 November 2022, terdapat kedatangan dua pesawat VIP Arab Saudi masing-masing satu kategori utama dan satu pendamping.

"Dapat kami sampaikan juga bahwa keseluruhan pesawat VIP delegasi KTT G20 yang mengangkut kepala negara atau kepala pemerintahan negara anggota G20 dan undangan sudah tiba di Bali," kata dia.

Adapun delapan bandara pendukung yang dijadikan tempat untuk parkir pesawat VIP tersebut, yakni Bandara Internasional Lombok, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Dengan rincian, 28 parking stand diperuntukkan untuk pesawat berbadan lebar (wide body) dan 39 parking stand untuk pesawat berbadan sempit (narrow body).

Fahmi mengungkapkan, khusus di Bandara Ngurah Rai, pihaknya telah menyiapkan 17 parking stand pesawat, yakni 14 parking stand untuk pesawat wide body dan 3 parking stand untuk pesawat narrow body.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/15/151828278/bandara-ngurah-rai-bali-layani-34-pesawat-vip-delegasi-ktt-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke