Salin Artikel

Presiden Jokowi Ajak Pemimpin Negara dan Delegasi G20 ke Tahura Mangrove Bali

Dari pantauan Youtube Sekretariat Presiden, sejumlah pemimpin negara dan para delegasi bergantian tiba dan disambut secara langsung oleh Jokowi, sekitar pukul 09.45 Wita.

Sedangkan Presiden Jokowi hadir di lokasi sejak pukul 09.00 Wita.

Dia didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Jokowi yang mengenakan pakaian kasual juga sudah sempat berkeliling ke area pembibitan.

Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai Bali I Ketut Subandi menjelaskan, ada jutaan bibit bakau yang disiapkan untuk dibawa pulang oleh delegasi G20 jika mereka menginginkan.

"Ada bibit banyak, disiapkan 6 juta bibit. Tapi kalau yang ada sekarang 2 juta bibit, nanti kalau ada tamu delegasi G20 yang mau membawa diberikan seberapa saja dia mau, sepanjang dapat akan difasilitasi," ungkap Subandi, Rabu (16/11/2022), seperti dilansir dari Antara.


Menurutnya, para pemimpin negara G20 dijadwalkan untuk hadir mulai pukul 09.00 Wita hingga 11.00 Wita.

Sedangkan delegasi Uni Emirat Arab (UEA) telah lebih dahulu berkunjung ke kawasan mangrove itu pada Selasa (15/11/2022).

"Delegasi yang berasal dari UEA mengunjungi Tahura Ngurah Rai pada Selasa. Di lokasi tersebut mereka menanam mangrove dan meminta 10 bibit jenis rhizopora untuk ditanam di negaranya," kata dia.

Taman Hutan Raya Mangrove memiliki luas sekitar 1.373,5 hektare.

Para pemimpin negara akan diajak mengelilingi kawasan yang sudah diresmikan sejak 1992 tersebut. Mereka juga akan diajak menanam dan melihat langsung persemaian bibit mangrove.

"Mengapa mangrove, karena hal ini juga terkait isu global perubahan iklim, di mana mangrove punya peranan penting karena mampu menyerap emisi karbon," katanya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Yohanes Valdi Seriang), Antara, YouTube Sekretariat Presiden

https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/16/085817078/presiden-jokowi-ajak-pemimpin-negara-dan-delegasi-g20-ke-tahura-mangrove

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke