Salin Artikel

Seekor Lumba-lumba Mati Terdampar di Pantai Penimbangan Buleleng

BULELENG, KOMPAS.com - Seekor lumba-lumba ditemukan mati terdampar di Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Senin (5/12/2022) sekitar pukul 10.00 Wita. Kondisi tubuh lumba-lumba dalam keadaan utuh, namun mulai membusuk.

"Lumba-lumba tersebut ditemukan nelayan anggota Pokmaswas (Kelompok Pengawas Masyarakat) Penimbangan Lestari," ujar Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Buleleng, Putu Citra Suda.

Bangkai mamalia laut itu ditemukan mengapung di perairan sekitar 50 meter dari bibir pantai. Oleh nelayan, bangkai lumba-lumba itu kemudian dievakuasi ke daratan dan diidentifikasi.

"Lumba-lumba ini merupakan jenis Fraser's Dolphin, termasuk salah satu satwa laut yang dilindungi. Jenisnya betina. Setelah diperiksa, bangkainya langsung kami tenggelamkan kembali ke laut," jelasnya.

Panjang lumba-lumba tersebut sekitar 2,3 meter dengan diameter sekitar 1,7 meter. Kondisinya mulai membusuk. Tidak ditemukan luka atau cacat pada tubuh lumba-lumba tersebut.

Bangkai lumba-lumba itu diperiksa oleh drh Deny Rahmadani dari Tim Jaringan Satwa Indonesia.

Menurutnya, belum diketahui penyebab mamalia cerdas itu mati. Namun, diduga kuat karena mengalami penyakit.

Ia juga memastikan tidak menemukan jaring atau sampah plastik pada organ dalam lumba-lumba tersebut.

"Kami periksa bagian lambungnya karena beberapa kasus mamalia laut yang terdampar mati karena ada jaring atau sampah plastik yang menyebabkan kematian," jelasnya.

Ia memperkirakan, lumba-lumba tersebut sudah mati selama lebih dari satu hari. Ukurannya pun diperkiraan mengalami perubahan ukuran karena sudah mengalami pembusukan.

"Kami perkirakan lumba-lumba ini sudah mati lebih dari satu hari dan mengalami pembusukan karena suhu panas air laut," ujarnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/12/05/175439878/seekor-lumba-lumba-mati-terdampar-di-pantai-penimbangan-buleleng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke