Salin Artikel

Jembatan Dermaga Nusa Penida di Bali Roboh, Puluhan Wisatawan Jatuh ke Laut, Ini Kronologinya

KOMPAS.com - Puluhan wisatawan tercebur ke laut saat jembatan penyeberangan dari dermaga ke speed boat (ponton) roboh di Nusa Penida, Klungkung, Bali, menjadi viral di media sosial.

Insiden yang terjadi pada Kamis (15/12/2022) itu tak menimbulkan korban jiwa.

Kasi Humas Polres Klungkung Iptu Agus Widiono menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 16.45 Wita.

Saat itu, katanya, sejumlah penumpang sedang mengantre masuk ke kapal yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali.

Namun diduga kelebihan muatan, jembatan itu tiba-tiba roboh. Sebanyak 35 wisatawan di atas jembatan pun tercebur ke laut.

"Sekitar 35 orang penumpang mencoba melintasi jembatan penghubung secara bersamaan dengan kontur jembatan yang tidak memungkinkan untuk dilintasi (orang) sebanyak itu," ujarnya.

Videonya viral

Dilansir dari Tribunnews.com, video detik-detik insiden itu sempat viral di media sosial.

Dari video tersebut beberapa warga dan wisatawan yang jatuh ke laut berusaha mendekat ke ponton di dermaga.

Lalu sejumlah warga sekitar tampak berusaha menolong para korban dengan melempar jaket pelampung agar tidak tenggelam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyoroti insiden itu. Pihaknya meminta pengelola pelabuhan turun tangan mencari penyebab robohnya jembatan.

"Ini menjadi pelajaran bagi pengelola dan operator speedboat agar di pelabuhan itu tidak terjadi penumpukan penumpang. Karena di pelabuhan itu kan orang bergerak terus enggak boleh diam atau lama-lama di pelabuhan nanti numpuk jadi satu," kata dia.

Dirinya juga menjelaskan, pelabuhan itu baru dibangun dan telah diserahterimakan pada UPT Unit Pengelola Nusa Penida pada 5 Desember 2022. (Phytag Kurniati).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Jembatan Penghubung Dermaga di Nusa Penida Ambruk, Puluhan Wisatawan Tercebur ke Laut

https://denpasar.kompas.com/read/2022/12/16/072240678/jembatan-dermaga-nusa-penida-di-bali-roboh-puluhan-wisatawan-jatuh-ke-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke