Salin Artikel

Pengurus Gereja di Buleleng Bali Sulap Botol Plastik Bekas Jadi Pohon Natal Setinggi 7 Meter

BULELENG, KOMPAS.com - Ada yang menarik saat Hari Raya Natal 2022 di Gereja Sabda Bayu Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Pohon Natal setinggi sekitar 7 meter berdiri kokoh di halaman depan gereja.

Sepintas, hampir tidak ada yang beda dengan pohon Natal pada umumnya. Namun, jika diperhatikan lebih detail, terlihat bahwa ornamen pohon Natal tersebut dibuat dari sampah botol plastik yang sudah tidak terpakai.

Sampah botol plastik yang menjadi bahan pembuatan pohon Natal tersebut dikumpulkan oleh pengurus gereja hampir tiga bulan terakhir.

Sampah-sampah daur ulang itu kemudian ditata sedemikian rupa menjadi pohon Natal yang tidak kalah dengan pohon Natal pada umumnya.

Penampakan warna-warni lampu Natal dengan kombinasi sampah plastik tersebut terlihat indah.

Ketua Seksi Dekorasi Gereja Sabda Bayu Singaraja Wifun Korneles Econg Songyangan mengatakan, pihaknya menghabiskan 1.500 botol bekas untuk membuat pohon natal setinggi 7 meter itu.

"Botol-botol bekas yang digunakan berasal dari sumbangan jemaat gereja," katanya, Minggu (25/12/2022).

Selain menggunakan botol plastik, pohon Natal ini juga menggunakan sedotan bekas. Bahan-bahan itu dikumpulkan selama tiga bulan terakhir sejak September 2022.

"Proses pembuatannya sekitar tiga bulan mulai dari menyiapkan bahan-bahan hingga pohon Natal jadi," ungkapnya.

"Kami memilih botol plastik karena selama ini kami lihat di Singaraja banyak botol plastik yang dibiarkan begitu saja berserakan. Padahal, kalau dimanfaatkan bisa menjadi sesuatu yang bernilai," imbuh dia.

Ini merupakan kali kedua Gereja Sabda Bayu Singaraja menggunakan pohon Natal dari kreasi botol bekas dan sedotan. Perayaan Natal tahun lalu pihaknya juga membuat pohon Natal serupa.

"Jemaat cukup antusias dengan adanya pohon natal ini, ini bahannya juga kami dapat dari para jemaat. Khususnya untuk pohon Natal yang terbuat dari sedotan kita taruh di dalam gereja," jelasnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2022/12/25/110949678/pengurus-gereja-di-buleleng-bali-sulap-botol-plastik-bekas-jadi-pohon-natal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke