Salin Artikel

Tim SAR Bali Hentikan Pencarian 2 WNA yang Tenggelam di Pantai Nusa Penida

Operasi SAR dihentikan karena petugas tak menemukan korban setelah sembilan hari pencarian.

"Di hari terakhir operasi SAR, Rabu (11/1/2023), bertempat di Semaya One Tamarind Beach dilakukan koordinasi dan evaluasi bersama unsur SAR lainnya, dan disepakati menutup dan menghentikan pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Darmada mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan keluarga dan konsulat kedua WNA ini terkait upaya pencarian selama ini, hingga akhirnya dihentikan.

"Semuanya kooperatif memahami tugas kita dan menghargai regulasi yang ada di Indonesia, bagaimana pola serta batasan upaya-upaya pencarian yang dilakukan," jelasnya.

Ia menuturkan, Tim SAR gabungan telah berupaya maksimal mencari kedua korban, baik di darat maupun di laut.

Area pencarian di laut dimulai dari seputaran lokasi korban terseret arus, sampai ke Manta Point, Crystal Bay, hingga perbatasan Selatan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)

"Tim SAR di lapangan terkadang mengalami kendala dengan kondisi cuaca dan gelombang tinggi, namun upaya-upaya pencarian tetap dilakukan semaksimal mungkin," kata Darmada.

Ia menambahkan, Operasi SAR bisa kembali dibuka jika ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Selain itu, pihaknya sudah mengimbau kepada kapal yang melintasi sekitar perairan Nusa Penida untuk melapor jika menemukan petunjuk terkait dua WNA itu.

Adapun pihak turut ikut dalam rapat koordinasi dan evaluasi operasi pencarian dua WNA itu, yakni Kapolsek Nusa Penida, Wadanramil Nusa Penida, KBO SAR Polair Nusa Penida, DanposAL Nusa Penida, BPBD Klungkung, Potensi SAR Radio 115 dan Kepala Desa Pajukutan, Nusa Penida.

Sebelumnya diketahui, kedua WNA dilaporkan tenggelam terseret ombak di Pantai Diamond, Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Selasa (3/1/2023), pukul 12.00 Wita.

Kejadian itu bermula ketika kedua korban bersama dua WNA lainnya berupaya menyelematkan seorang temannya, berinisial DH, yang hampir terseret arus saat berenang di pantai tersebut.

Namun, keduanya malah ikut tergulung ombak. Sedangkan, tiga rekannya berhasil kembali ke pesisir pantai dengan selamat.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/01/11/180757378/tim-sar-bali-hentikan-pencarian-2-wna-yang-tenggelam-di-pantai-nusa-penida

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke