Salin Artikel

Puluhan Juru Parkir di Buleleng Geruduk Kantor Dishub, Protes Setoran Naik

BULELENG, KOMPAS.com - Puluhan juru parkir di Kabupaten Buleleng menggeruduk Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Senin (16/1/2023). Mereka memprotes kenaikan target setoran parkir yang ditentukan Dishub Buleleng.

Koordinator Juru Parkir Buleleng, Ketut Sukalaba menyebutkan, kebijakan peningkatan target pendapatan parkir sangat memberatkan dan tidak masuk akal. Apalagi, kenaikan target hampir mencapai 100 persen atau dua kali lipat setoran parkir sebelumnya.

Sukalaba menyebut, biasanya per sif target setoran Rp 75.000, kini dinaikkan menjadi Rp 148.000. Kebijakan kenaikan setoran tersebut telah dimulai sejak 1 Januari 2023.

Sukalaba mengaku, dalam sehari ia paling banyak mendapat Rp 140.000. Dengan naiknya target setoran tersebut, ia khawatir tidak mendapat pendapatan.

"Kami mendukung untuk kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tapi keadaan di lapangan tidak mendukung. Ini memberatkan kami,” keluhnya.

Keluhan juga disampaikan juru parkir lainnya, I Wayan Ariasa. Ia mengaku, dalam sehari hanya mendapat Rp 100.000. Itu pun kalau kondisi ramai. Namun, jika kondisi sepi hanya mendapat sekitar Rp 60.000 per sekali sif.

"Rasanya berat, kalau di tempat saya tidak bisa sampai Rp 148.000. Mudah-mudahan ini ada solusi yang terbaik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, kenaikan setoran parkir dikarenakan PAD dari retribusi parkir Buleleng ditargetkan naik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

“PAD tahun lalu hanya terealisasi 49 persen saja. Tapi kami ditugasi untuk meningkatkan parkir tepi jalan umum dan parkir khusus. Jadi tukang parkir banyak yang mengeluhkan itu," kata Gunawan.

Dengan kondisi ini, pihaknya meminta juru parkir agar mencoba dan bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Kata dia, berapa pun hasil yang didapat, juru parkir wajib setork setiap hari.

Dishub Buleleng juga akan jemput bola mendatangi langsung juru parkir untuk menanyakan kendala yang dihadapi.

"Kami akan catat ketidakmampuan masing-masing dan akan dilakukan rolling," jelasnya.

"Namun jika tetap seperti itu hasilnya maka memang potensinya memang segitu,” tutup Gunawan.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/01/16/185311478/puluhan-juru-parkir-di-buleleng-geruduk-kantor-dishub-protes-setoran-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke