Salin Artikel

Cegah Rabies, 72.000 Ekor Anjing di Buleleng Divaksin

BULELENG, KOMPAS.com - Sekitar 72.000 ekor anjing di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, disuntik vaksin anti-rabies. Vaksinasi ini dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng untuk mencegah rabies.

Data yang dihimpun dari Dinas Pertanian Buleleng, per tanggal 24 Januari 2023, capaian vaksinasi anjing di Buleleng sudah menyentuh angka 90 persen dari jumlah total populasi sekitar 80.000 ekor anjing.

"Artinya yang sudah divaksin sekitar 72.000 ekor lebih anjing," jelas Kepala Dinas Pertanian Buleleng, Made Sumiarta di Buleleng, Rabu (25/1/2023).

Ia menambahkan, dari 129 desa yang ada di Buleleng, 57 di antaranya telah membentuk Peraturan Desa (Perdes) tentang Pencegahan Rabies.

"Perdes tersebut sudah diterapkan di masing-masing desa," imbuhnya.

Pihaknya menargetkan, pada bulan Maret mendatang vaksinasi dan penerapan Perdes di masing-masing desa di Buleleng rampung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Buleleng, Sucipto menyebutkan, hingga akhir Januari ini tidak ada penambahan kasus meninggal akibat rabies.

Adapun pada tahun 2022, kasus rabies di Buleleng cukup tinggi. Bahkan, kasus gigitan anjing itu menimbulkan 13 orang korban meninggal dunia.

"Untuk menekan hal tersebut kami telah membuka rabies center di masing-masing puskesmas dan 3 rumah sakit daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR)," jelasnya.

Ia menyebutkan, di setiap fasilitas kesehatan (faskes) tersebut sudah disiapkan vaksin anti-rabies (VAR).

"Saya harapkan masyarakat untuk lebih memiliki kesadaran agar datang melakukan VAR apabila terjadi GHPR sehingga secara tidak langsung mampu menekan kasus kematian," ujarnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/01/25/124048578/cegah-rabies-72000-ekor-anjing-di-buleleng-divaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke