Salin Artikel

Jokowi Resmikan Bangunan Pasar Seni Sukawati Bali Senilai Rp 160 Miliar

Jokowi didampingi ibu negara Iriana tiba di lokasi sekitar pukul 17.40 Wita. Rombongan langsung disambut pertunjukan Tarian Kecak dan kesenian khas Bali lainnya.

Jokowi bersama rombongan kemudian langsung meninjau bangunan Pasar Sukawati Blok C yang dibangun setinggi 4 lantai dan 1 lantai basemen seluas 10.206,95 meter persegi tersebut.

"Pasar ini dari yang A, B dan C menghabiskan anggaran Rp 160 miliar tetapi kalau saya lihat tadi di dalam memang perubahannya sangat-sangat drastis sekali," kata Jokowi sebelum menandatangani batu prasasti peresmian pembangunan Pasar Seni Sukawati, Rabu.

Jokowi mengatakan, pembangunan pasar ini dilakukan untuk menampung hasil karya para perajin seni di Bali agar mudah untuk dipasarkan.

"Dari produk-produk yang dihasilkan oleh para seniman, dari UMKM yang ada di Bali sekarang, semuanya ditampung di sini dan ini lah pasar rakyat yang kita harapkan Pasar Sukawati semakin baik ke depannya," kata dia.

Jokowi berharap dengan dibangunnya Pasar Seni Sukawati ini pertumbuhan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara semakin meningkat.

Apalagi, pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia 30 Desember 2022.

"Kita tahu setelah PPKM dicabut di akhir Desember tahun lalu, kita harapkan turis-turis akan semakin banyak ke Pulau Dewata, Pulau Bali, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara dan sore ini saya resmikan Pasar Seni Sukawati Gianyar," kata dia.

Dari pantauan Kompas.com, kedatangan Jokowi di Pasar Seni Sukawati Gianyar ini disambut antusias oleh warga setempat, meski dalam kondisi hujan gerimis.

Bahkan, mereka tampak berdesak-desakan saat Jokowi membagikan kaus sebelum meninggalkan lokasi.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan para pejabat lainnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/02/01/185839778/jokowi-resmikan-bangunan-pasar-seni-sukawati-bali-senilai-rp-160-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke