Salin Artikel

Cok Ace Sebut Banyak Wisman yang Bekerja Ilegal di Bali, Ada yang Berjualan Sayur

DENPASAR, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menyoroti maraknya wisatawan mancanegara (Wisman) yang bekerja secara ilegal di Bali.

Cok Ace mengaku mendapat laporan terkait banyaknya turis asing yang menjadi penjual sayur kepada rekan senegaranya yang ada di Bali.

"Saya dengar dari laporan dari bawah juga banyak mereka (wisman) dagang ikut menjual sayuran kepada teman-temannya, dia mengambil ke pasar, dia jual kepada teman-temannya," kata dia kepada wartawan di kantor DPRD Provinsi Bali, pada Senin (27/2/2023).

Cok Ace mengatakan, ulah para wisman yang menjadi penjual sayur tersebut merupakan pekerjaan ilegal. Karena itu, dia telah meminta Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan ESDM Provinsi Bali untuk menindak para wisman tersebut.

"Ini perlu kita tindak. Saya sudah sampaikan kepada Disnaker," kata dia.

Hanya saja, Cok Ace belum membeberkan secara rinci terkait wisman dari negara mana saja yang bekerja sebagai penjual sayur di Bali.

Menurut Cok Ace, ulah para Warga Negara Asing (WNA) tersebut merupakan dampak dari situasi krisis ekonomi yang sedang melanda dunia, khususnya di luar negeri.

"Itu sebenarnya juga ilegal, terutama kondisi dunia sekarang, terutama di luar negeri yah, dibandingkan di Bali kita masih aman-aman saja, murah-murah saja. Oleh sebab itu, kita harus bergerak," kata dia.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan ESDM Bali Ida Bagus Setiawan mengatakan, pihaknya tengah melakukan pendataan para Tenaga Kerja Asing (TKA) yang legal di Bali.

Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan data jumlah TKA dalam Online Single Submission (OSS) pemerintah pusat dan data di lapangan.

"Kalau soal TKA, proses perizinannya melalui OSS di pusat langsung. Tapi kami dengan adanya dugaan kita perlu cek and ricek dengan teman-teman Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten atau Kota dan pusat. Kita sedang menginvertarisir karena kita baru bisa melihat berapa jumlah TKA yang punya izin dan yang ilegal itu yang perlu kita cek langsung ke lapangan," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/02/27/144805278/cok-ace-sebut-banyak-wisman-yang-bekerja-ilegal-di-bali-ada-yang-berjualan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke