Salin Artikel

Resmikan Kawasan Suci Pura Besakih Bali, Jokowi Tekankan Perawatan dan Pengelolaan Profesional

Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan penataan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih dilakukan dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung. Agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang.

Ia menyampaikan, sejak dulu pengunjung di pura Besakih sangat banyak dan ramai. Terutama, jika sedang berlangsung upacara agama besar seperti Ida Bhatara Turun Kabeh setiap Purnama Sasi Kasada.

"Umat Hindu dari berbagai penjuru akan berbondong-bondong datang untuk melakukan persembahyangan. Tidak hanya yang berada dari Bali, tetapi dari seluruh Tanah Air Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, kedatangan umat dan pengunjung yang semakin banyak tanpa diimbangi penataan dan tanpa antisipasi ke depan akan menimbulkan kesemrawutan dan ketidaknyamanan.

"Oleh sebab itu tahun 2021 saya minta Menteri PUPR untuk melakukan penataan di kawasan Pura Besakih ini bersama dengan Gubernur Provinsi Bali," ucapnya.

Penataan dilakukan di dua areal Pura Agung Besakih, yakni Bencingah dan Manik Mas. Sejumlah infrastruktur pendukung pun dibangun di kawasan pura.

"Agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Agung Besakih tetap terjaga kesuciannya," imbuh dia.

Jokowi berpesan agar fasilitas maupun infrastruktur yang telah dibangun agar dijaga.

"Membangun fasilitas yang bagus dan megah akan lebih mudah daripada mengelola dan merawatnya," sebutnya.

"Untuk itu saya benar-benar ingin titip agar fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan dana yang besar, harus diikuti dengan pengelolaan yang baik dan profesional," katanya.

Ia pun meminta masyarakat diberi kesempatan untuk berpartisipasi dan berkontribusi mengelola.

"Harus disiapkan manajemen yang memiliki kompetensi yang baik. Sehingga mampu menjembatani berbagai kepentingan yang ada. Libatkan Desa Besakih dan Desa Adat Besakih," tutupnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/03/13/134302478/resmikan-kawasan-suci-pura-besakih-bali-jokowi-tekankan-perawatan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke