Salin Artikel

Pelaku Pariwisata Keberatan Wisatawan Asing di Bali Dilarang Sewa Motor

BULELENG, KOMPAS.com - Pelaku pariwisata di Bali keberatan dengan rencana Gubernur Bali I Wayan Koster melarang wisatawan mancanegara menyewa sepeda motor. Mereka berharap rencana penerbitan peraturan daerah (perda) tentang larangan tersebut ditunda sembari melakukan kajian lebih mendalam.

Ketua PHRI Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Suardipa mengatakan, wisatawan mancanegara yang ditemukan ugal-ugalan di jalan tidak melakukan pelanggaran pidana, namun pelangaran lalu lintas.

Menurutnya, itu hanya sebagian kecil dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

"Sebaiknya tidak digeneralisasi karena tidak semua wisatawan itu berprilaku negatif," kata dia, dikonfirmasi Senin (13/3/2023).

"Ada wisatawan dari berbagai negara melakukan traveling dengan banyak cara untuk menikmati keindahan Bali. Bahkan, ada traveler yang mempromosikan Buleleng dengan naik sepeda motor," imbuh dia.

Dengan cara itu, katanya, wisatawan bisa mengekspolrasi berbagai destinasi serta tempat-tempat kuliner yang ditemui di sepanjang jalan, termasuk mempelajari budaya hidup orang Bali.

"Bali termasuk wilayah tropis dengan dua musim. Wisatawan pemotor yang baik berusaha menikmati alam secara terbuka. Dengan harapan saat kembali ke negaranya kulit mereka menjadi sawo matang. Bukan berarti memberikan peluang untuk tidak pakai baju, itu tetap salah," ujarnya.

Menurut Suardipa, solusi permasalahan wisatawan mancanegara yang ugal-ugalan dengan sepeda motor harus diselesaikan di hulu, yakni rental sepeda motor.

Wisatawan yang menyewa sepeda motor diberikan tanda pengenal sehingga mudah dideteksi jika ada masalah atau melakukan pelanggaran.

"Jika ada masalah di jalan seperti kecelakaan, polisi akan dengan mudah melakukan identifikasi dengan menghubungi pemilik rental. Pemilik rental pun pasti sudah memeriksa kelengkapan persyaratan penyewa," ucapnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/03/13/181928878/pelaku-pariwisata-keberatan-wisatawan-asing-di-bali-dilarang-sewa-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke