Salin Artikel

Jelang Hari Raya Nyepi, Polisi Gelar Operasi Sasar Turis Asing Nakal

Operasi ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Bali selama lima hari terhitung sejak Jumat (17/3/2023) hingga Selasa (22/3/2023), dengan menyasar para turis asing nakal.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra, mengatakan, perilaku sejumlah oknum turis asing beberapa waktu belakang mulai menimbulkan keresahan di masyarakat, khususnya warga Bali.

Oleh sebab itu, pihaknya mengelar operasi selama lima hari untuk menertibkan Warga Negara Asing atau WNA tersebut.

"Operasi Cipta kondisi Agung 2003 kali ini di samping untuk pelaksanaan penertiban bagi wisatawan yang melakukan pelanggaran maupun kejahatan di wilayah Bali operasi ini juga bertujuan untuk memeliharakan Kamtibmas menjelang hari raya Nyepi dan Ramadan tahun 2023 ini," kata dia dia saat memimpin di halaman Mapolda Bali pada Jumat pada (17/3/2023).

Ia mengatakan, sebanyak 475 personel yang dikerahkan dalam operasi tersebut dan dibagi dalam tiga unit kerja lapangan (UKL).

Operasi ini juga melibatkan instasi terkait seperti Imigrasi, Satpol PP, Dishub, dan Disnaker.

Setiap UKL memiliki tugasnya masing-masing, yakni UKL I menyasar WNA yang melanggar lalu lintas, seperti penggunaan helm, TNBK, dan etika berkendara.

Berikutnya, UKL II menyasar WNA yang bekerja ilegal, usaha ilegal, overstay.

Sedangkan, UKL III menyasar WNA yang melakukan tindak pidana seperti kepemilikan Narkoba, senjata tajam, senjata api dan sebagainya.

"Meskipun kita sudah sering melakukan kegiatan operasi seperti ini saya meminta agar jangan under estimate melihat perkembangan situasi di lapangan," katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/03/17/184317378/jelang-hari-raya-nyepi-polisi-gelar-operasi-sasar-turis-asing-nakal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke