Salin Artikel

Soal Gubernur Koster Tolak Timnas U-20 Israel, Wagub Bali: Sudah Jelas Sikap Beliau

Menurutnya, sikap dan alasan Koster menolak Timnas Israel bertanding di Bali cukup jelas.

"Kalau itu saya ndak (jawab alasan penolakan Timnas Israel) karena Pak Gubernur sudah jelas yah sikap beliau tentang tim untuk (Piala Dunia FIFA) U-20 di Bali," kata Cok Ace saat ditemui di sebuah mal, Denpasar, Jumat (24/03/2023).

"Itu sudah pak Gubernur jelas, jadi apa yang beliau jelaskan (dalam surat ke Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali), saya tidak mengulangi lagi," tambahnya.

Di tempat terpisah, Koster menegaskan penolakan ini berkaitan dengan tindakan Israel yang melakukan gangguan dan penjajahan ke Palestina. Koster tidak menjelaskan gangguan yang dimaksud.

"Kan Israel itu melakukan gangguan, penjajahan terhadap Palestina," katanya di Kabupaten Karangasem.

"Berkenaan dengan keikutsertaan Tim dari Negara Israel, Kami menyampaikan sudut pandang bahwa kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik Pemerintahan Republik Indonesia, yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional, serta tidak adanya hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Israel," kata Koster dalam surat dengan Nomor: T.00.426/11470/SEKRET.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang Tim dari Negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan Tim dari Negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali. Hal ini dilakukan untuk menghormati hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah negara lain di Dunia, khususnya yang berkaitan dengan Israel," lanjutannya.

Untuk diketahui, Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Terdapat 24 negara termasuk Israel yang akan bertanding dalam ajang tersebut.

Kemudian, ada enam stadion yang diproyeksikan untuk menyelenggarakan laga-laga Piala Dunia U-20 tersebut.

Stadion itu di antaranya, Stadion Kapten Wayan Dipta (Gianyar, Bali), Stadion Manahan (Kota Solo, Jawa Tengah), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Surabaya, Jawa Timur), Stadion Jalak Harupat (Badung, Jawa Barat), dan Stadion Jakabaring, (Palembang).

https://denpasar.kompas.com/read/2023/03/24/210305378/soal-gubernur-koster-tolak-timnas-u-20-israel-wagub-bali-sudah-jelas-sikap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke