Salin Artikel

BMKG Imbau Warga Bali Waspadai Cuaca Ekstrem yang Dipicu Siklon Tropis Ilsa

DENPASAR, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Bali agar mewaspadai cuaca ekstrem yang dipicu oleh siklon tropis ilsa selama 24 jam ke depan.

Bidang Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis (TCWC) BMKG mengungkapkan, siklon tropis ilsa itu sedang mendekati wilayah Indonesia, tepatnya di Samudra Hindia bagian selatan Pulau Sumba atau sekitar 580 kilometer sebelah selatan barat daya Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siklon tropis ilsa ini bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan gerak 9 knot atau 17 kilometer per jam dan kecepatan angin di sekitar pusat siklon 55 knot atau 100 kilometer per jam serta tekanan udara minimum sebesar 985 mb.

"Diperkirakan intensitas siklon tropis ilsa meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III, Cahyo Nugroho, Rabu (12/4/2023).

Cahyo mengatakan, siklon tropis ilsa ini akan berdampak tidak langsung terhadap cuaca di Bali. Sebagian besar wilayah Bali diperkirakan mengalami cuaca ekstrem mulai hujan sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Selain itu, ancaman gelombang tinggi dengan ketinggian mencapai 1,25 - 2,5 meter terjadi di sekitar Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok (Nusa Tenggara Barat/NTB) bagian selatan, Selat Badung (Bali), Selat Alas (NTB) bagian selatan dan potensi gelombang tinggi 2,5 – 4,0 meter di Samudera Hindia selatan Bali-NTB.

Oleh karena itu, Cahyo mengimbau bagi pengguna dan operator jasa transpotasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir untuk mewaspadai ancaman gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2,0 meter atau lebih.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, pohon tumbang, kilat atau petir, banjir, genangan air, dan tanah longsor," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/04/12/213419278/bmkg-imbau-warga-bali-waspadai-cuaca-ekstrem-yang-dipicu-siklon-tropis-ilsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke