Salin Artikel

Viral, Video Turis Taiwan di Bali Mengaku Diperas Petugas di Bandara Ngurah Rai, Ini Hasil Penelusuran Bea Cukai

Video tersebut menarasikan, turis asing tersebut dipalak 400 Dollar AS dan diancam dideportasi karena kedapatan memotret di kawasan Bandara.

Dalam video tersebut, WN Taiwan itu mengaku membayar Rp 2 juta setelah tawar-menawar dengan petugas di Bandara Ngurah Rai Bali.

Kemudian, untuk mendapatkan kembali paspor dan melanjutkan perjalanan, turis Taiwan tersebut menyepakati permintaan petugas.

Petugas kemudian disebut meminta untuk merekam sidik jadi, melakukan stempel atau cap paspor turis dan mempersilakannya melanjutkan perjalanan.

Penjelasan Bea Cukai

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengatakan, telah melakukan penelusuran terhadap video dugaan pemerasan itu.

"Setelah diterjemahkan, terdapat informasi yang mengindikasikan kejadian tersebut bukan terjadi pada area Bea Cukai," kata Hatta dalam keterangan tertulis pada Kamis (13/4/2023).

Keyakinan itu lantaran Bea Cukai tidak memiliki kewenangan untuk melakukan beberapa hal seperti yang disebutkan oleh WN Taiwan tersebut.

“Dari keterangan tersebut, kami meyakini bahwa kejadian tersebut tidak terjadi di Bea Cukai karena kami tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perekaman sidik jari dan stempel/cap pada paspor,” kata dia.

Hatta mengatakan, pengambilan foto di area terbatas diatur dalam Permenhub No. PM 80/2017. Bea Cukai tidak berkewenangan menindak pengambilan foto atau repartriasi.

Pastikan duduk perkara

Bea Cukai menyatakan, bakal menelusuri keberadaan video tersebut untuk memastikan duduk perkara yang sebenarnya terjadi.

“Namun, demikian kami tetap akan berusaha berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kemudian dapat mencari tahu duduk persoalan yang sebenarnya dan berkomunikasi dengan yang bersangkutan," katanya.

Menurut Hatta, koordinasi salah satunya dilakukan dengan pihak KDEI Taipei.

"Dapat kami sampaikan pula, saat ini kami dalam proses berkoordinasi dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei,” katanya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/04/13/152706678/viral-video-turis-taiwan-di-bali-mengaku-diperas-petugas-di-bandara-ngurah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke