Salin Artikel

Pamit ke Rumah Teman, Mahasiswa di Bali Ditemukan Tewas Diduga Gantung Diri di Pohon Kamboja

"Diduga korban mengakhiri hidupnya, karena depresi. Namun tidak spesifik disampaikan karena ditolak pacar atau ada masalah apa. Korban merupakan mahasiswa," kata Kapolsek Marga, AKP I Wayan Suta, dikonfirmasi, Rabu (10/5/2023) di Tabanan.

Korban meninggalkan dua buah surat wasiat yang diduga ditulis sebelum gantung diri. Saat jasad korban ditemukan, sejumlah bagian tubuhnya terdapat lilitan plester. Pada tangan kiri korban juga ditemukan tulisan "HELL".

"Kondisi korban saat ditemukan di TKP bagian mulut, leher, dada, perut, kedua pergelangan kaki serta tangan dililit dengan plester kertas," ujarnya.

Pada tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Di leher korban ditemukan luka bekas jeratan leher.

Saat diperiksa, pada tangan kiri korban terdapat tulisan dari bolpoin yang bertuliskan "HELL". Kemudian pada tangan korban ditemukan gambar kapak, huruf Z, dan angka 2000-2023.

Polisi juga menemukan buku harian korban dan dua lembar surat wasiat yang diduga ditulis korban sebelum gantung diri. Surat tersebut berisi curahan hati perasaan korban yang merasa tak disukai banyak orang.

Ia menyebutkan, korban gantung diri di dahan pohon kamboja menggunakan tali tambang dengan tumpuan kursi kayu. Jasad korban pertama kali ditemukan ibu korban, NKS (50).

Ibu kandung korban saat itu akan memberi makan ternak di ladang. Namun betapa kagetnya ia justru menemukan putranya dalam keadaan tergantung di pohon kamboja di depan gubuk.

Sebelumnya, pada Selasa (9/5/2024) malam sekitar pukul 22.00 Wita korban berpamitan pada ibunya untuk ke rumah temannya.

Ia menyebutkan, korban dikenal pendiam dan jarang berinteraksi. "Korban merasa sudah waktunya dekat dan sebentar lagi tidak ada (meninggal)," katanya.

"Kami akan berikan pemahaman terkait kesehatan mental pada masyarakat, agar jika ada masalah dikomunikasikan pada orang lain jangan dipendam sendiri," sambungnya.

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu.

Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup.

Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini:

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/hotline-dan-konseling/

https://denpasar.kompas.com/read/2023/05/10/223432678/pamit-ke-rumah-teman-mahasiswa-di-bali-ditemukan-tewas-diduga-gantung-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke