Salin Artikel

"Kita ke Luar Negeri Harus Punya Saldo Sebagai Jaminan, Kita Lakukan Juga Bagi Bule yang Datang ke Bali"

KOMPAS.com - Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengusulkan agar warga negara asing (WNA) yang hendak berlibur ke Bali harus memiliki saldo dalam jumlah tertentu.

Usulan tersebut dilontarkannya usai banyaknya kasus di Bali yang melibatkan wisatawan asing dan menjadi sorotan publik.

“Kita ke luar negeri kan harus punya saldo sebagai jaminan, dan itu harus kita lakukan juga bagi bule yang datang ke Bali,” kata Jaya, dikutip dari TribunBali.com, Rabu (31/5/2023).

Jaya mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar WNA atau turis asing yang datang ke Bali lebih berkualitas.

Sebelumnya, Jaya menyampaikan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali yang juga Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Menurut Jaya, persoalan kualitas turis asing yang datang ke Bali akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hotel dan restoran.

Dia menjelaskan, saat ini banyak hotel menurunkan harga sewa kamarnya agar dapat menggaet wisatawan.

“Harus dikejar wisatawan wisatawan berkualitas, karena saya melihat beberapa hotel dulunya harganya Rp 1 juta atau minimal Rp 800 ribu, sekarang dijual (disewakan) Rp 400 ribu,” ujar Jaya.

Oleh sebab itu, menurut Jaya, pihaknya ingin mengubah paradigma dari wisatawan asing yang kerap menyebut biaya hidup di Bali murah.

“Sekarang kualitas wisatawan asing kita ubah, apalagi dengan adanya UU Provinsi Bali,” ucap Jaya.

Jaya menilai, harga sewa yang murah akan membuat hotel tak mendapat keuntungan. Dengan tingkat hunian 60 persen, dia mencontohkan, tentu pendapatan hotel akan jatuh bila harga sewa per kamar hanya Rp 400.000.

“Dulu kan 60 persen dengan harga kamar Rp 1,2 juta, itu sama dengan 100 persen kunjungan. Makanya, kualitas sekarang kita kejar,” tegasnya.

“Jangan sampai justru pihak yang tidak memiliki hotel lebih untung daripada yang punya hotel,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunBali.com dengan judul "Terkait WNA Nakal di Bali, Jaya Negara Usulkan WNA ke Bali Wajib Punya Saldo"

https://denpasar.kompas.com/read/2023/05/31/164315178/kita-ke-luar-negeri-harus-punya-saldo-sebagai-jaminan-kita-lakukan-juga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke