Salin Artikel

Saat Pesawat Airbus A380 Emirates Mendarat di Bali, Disambut oleh Gubernur

Pendaratan tersebut menjadi peristiwa bersejarah karena merupakan penerbangan komersil A380 pertama di Indonesia.

Adapun saat tiba di Bali, pesawat dari Dubai tersebut disambut dengan sorakan meriah penumpang dan petugas bandara. Warga pun antusias menyaksikan kedatangan pesawat tersebut.

Gubernur Bali I Wayan Koster menyambut langsung kedatangan ratusan wisatawan usai pendaratan perdana A380 Emirates Airlanes di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Koster mengingatkan agar wisatawan mancanegara, termasuk yang diangkut oleh Emirates A380 menghormati budaya warga setempat.

"Saya yakin wisatawan mancanegara yang diangkut Emirates ini memiliki martabat dan menghormati nilai-nilai budaya dan adat istiadat Bali," katanya, Kamis (1/6/2023), seperti dilansir dari Antara.

Ingatkan soal aturan terbaru

Dalam kesempatan tersebu, Koster mengingatkan wisatawan mengenai kewajiban dan larangan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2023.

Menurut dia, wisatawan mancanegara wajib memuliakan kesucian pura maupun simbol keagamaan dan menghormati adat istiadat, seni, tradisi, serta upacara keagamaan.

"Memakai busana yang sopan, wajar, dan pantas pada saat berkunjung melakukan aktivitas di Bali, baik kawasan tempat suci, daya tarik wisata, tempat umum," katanya.

"Dan berkelakuan yang sopan di kawasan suci, kawasan wisata, restoran, tempat perbelanjaan, jalan raya, dan tempat umum lainnya," lanjut dia.

Wisatawan yang datang ke Bali, lanjutnya, juga harus didampingi oleh pemandu wisata yang berizin.

Kemudian transaksi juga harus dilakukan menggunakan mata uang rupiah.

Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates Orhan Abbas mengungkapkan kebahagiaannya.

"Kami sangat bahagia karena armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Pencapaian ini merupakan hasil kerja seras tim selama berbulan-bulan, mulai tahap perencanaan hingga eksekusi," katanya, seperti dikutip dari Tribun Bali.

Awal beroperasinya A380 di Indonesia, kata dia, memaknai perjalanan panjang dan komitmennya pada pasar Indonesia.

"Kami siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380, sekaligus merespons tingginya permintaan perjalanan internasional dengan pesawat super jumbo menjadi salah satu dari dua layanan harian ke pulau Bali," ujar dia.

Bersejarah

Sementara Direktur Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pendaratan tersebut adalah tonggak sejarah membanggakan bagi industri penerbangan Indonesia.

"Kami berharap momentum ini dapat menjadi katalisator bagi proses recovery pariwisata dan perekonomian Bali, dan juga secara nasional," kata dia.

Menurutnya, berbagai persiapan khusus telah dilakukan untuk menyambut Airbus A380, mulai dari penyiapan sisi udara maupun sisi darat serta penyediaan fasilitas pendukung.

Terdapat tiga kelas kursi pada penerbangan perdana Emirates menggunakan pesawat A380 ke Bali.

Selanjutnya, Emirates akan mengoperasikan A380 di Bali dengan armada yang memiliki dua kelas, menawarkan 58 kursi berbaring di kelas Bisnis dan 557 kursi di Kelas Ekonomi.

Sumber: Antara

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul BREAKING NEWS - Mendarat Perdana di Bali, A380 Emirates Catatkan Sejarah Baru Penerbangan Indonesia

https://denpasar.kompas.com/read/2023/06/02/065407378/saat-pesawat-airbus-a380-emirates-mendarat-di-bali-disambut-oleh-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke