Salin Artikel

Petinggi Militer ASEAN Sepakati Latihan Bersama di Natuna Utara, Panglima Sebut Pertama dalam Sejarah

Rencananya latihan gabungan yang diberi nama ASEAN Solidity Excercise (ENatuna) tersebut akan digelar pada September 2023.

Menurut Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, latihan tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah pertemuan negara-negara anggota ASEAN.

"Ini menelurkan kesepakatan di mana kita akan melakukan latihan bersama khusus ASEAN karena selama ini kita tidak pernah melaksanakan," kata Yudo, usai pertemuan ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (7/6/2023), seperti dilansir dari Antara.

Latihan nontempur

Yudo mengatakan latihan bersama tersebut nantinya tidak berkaitan dengan latihan operasi tempur.

"Latihan bersama khusus untuk ASEAN baik dari sisi latihan Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut seperti latihan gabungan. Namun lebih pada kegiatan latihan nontempur," kata dia.

Adapun materi yang diangkat pada rencana ASEAN Solidity Excercise atau Asec 01N adalah mengenai Maritim Security Seach and Rescue (SAR).

Sehingga, kata Yudo, militer ASEAN lebih terpusat dan lebih kuat untuk menjaga stabilitas kawasan khususnya ASEAN.

Forum ACDFM

Kesepakatan latihan bersama itu didapat setelah gelaran forum ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20 di Nusa Dua, Badung, Bali.

ACDFM adalah pertemuan tahunan Panglima Angkatan Bersenjata dari negara anggota ASEAN.

Pertemuan ini membahas sejumlah isu keamanan strategis kawasan baik regional maupun global.

Yudo mengatakan ada beberapa pokok utama yang dibahas dalam pertemuan petinggi militer tersebut pada intinya menyangkut keamanan untuk kemakmuran negara-negara ASEAN melalui kerja sama militer.

"Makna dari base prosperity and security adalah dari segi keamanan, Indonesia senantiasa memprioritaskan kawasan yang aman, damai, dan stabil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa-bangsa Asia Tenggara," katanya.

Menurut Yudo, sebelas petinggi militer ASEAN sepakat bersatu menguatkan posisi ASEAN terutama menjaga stabilitas kawasan.

Di antaranya dengan melakukan pembinaan, pelatihan, patroli terkoordinasi wilayah perbatasan secara rutin.

Sumber: Antara

https://denpasar.kompas.com/read/2023/06/08/090337078/petinggi-militer-asean-sepakati-latihan-bersama-di-natuna-utara-panglima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke