Salin Artikel

Arus Kencang, Kapal Pengangkut 137 Penumpang Kandas di Perairan Padangbai Bali

KARANGASEM, KOMPAS.com - Kapal Motor Penumpang (KMP) Rodita kandas di perairan Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Selasa (20/6/2023) malam sekitar pukul 19.10 Wita.

Kapal yang mengangkut 137 orang penumpang dan 18 anak buah kapal (ABK) ini karam saat akan sandar di Pelabuhan Padangbai.

"KMP Rodita kandas, berjarak kurang lebih 200 meter dari dermaga 2. Kondisi tersebut diakibatkan karena kuatnya arus laut," kata Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Bali, I Wayan Suwena di Denpasar, Rabu (21/6/2023).

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima laporan kapal penumpang kandas tersebut dan mengerahkan empat personel SAR dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem.

Setibanya di lokasi, tim SAR gabungan menggerakkan rubber boat mendekati kapal. Proses evakuasi sempat terkendala karena random kapal tidak berfungsi.

"Dengan mempertimbangkan prediksi pasang surutnya air laut, maka kami lakukan koordinasi dengan perusahaan Pertamina untuk melakukan penarikan menggunakan tugboat Transkodara," jelasnya.

Selama proses penarikan, tim yang berada di rubber boat tetap memantau. Akhirnya pada pukul 23.00 Wita, KMP Rodita berhasil sandar di dermaga 1 Pelabuhan Padangbai.

"Seluruh penumpang maupun awak kapal yang berada di kapal sudah terevakuasi dan dalam keadaan selamat dan sehat," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/06/21/111431078/arus-kencang-kapal-pengangkut-137-penumpang-kandas-di-perairan-padangbai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke