Salin Artikel

Dermaga di Gilimanuk Dirombak, Durasi Penyeberangan Jawa Bali Dipastikan Lebih Singkat

Hal itu disebabkan lantaran dermaga IV ponton yang berada di Pelabuhan ASDP Gilimanuk dirombak menjadi dermaga IV Movable Bridge (MB).

Percepat jadwal sandar

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan, peningkatan status dari ponton menjadi MB itu diharapkan dapat mempercepat jadwal sandar.

"Karena kapasitasnya juga dinaikkan, dari 30 ton menjadi 90 ton," kata Ira saat ground breaking peningkatan dermaga ponton di Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (23/6/2023).

Menurut Ira, dermaga ini diproyeksikan bisa disandari oleh kapal berukuran besar. Sehingga proses bongkar muat bisa lebih cepat dan jumlah kendaraan yang diangkut lebih banyak.

"Kalau bisa enggak ada sampai ngapung. Atau tidak sampai mengapung lama sama sekali," ujar Ira.

Ira menjelaskan, pembangunan dermaga di Gilimanuk tersebut untuk menyeimbangkan layanan bongkar muat dengan Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

"Karena selama ini dinilai terjadi ketimpangan. Jumlah dermaga MB di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sebanyak 4 titik, ditambah 3 dermaga LCM," ungkap Ira.

Sedangkan di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, kondisinya tidak seimbang. Satu dermaga kemampuannya terbatas dan tidak sebanding dengan Ketapang.

"Sehingga targetnya dengan peningkatan kepasitas dermaga di Gilimanuk ini, kapasitas bongkar muat akan seimbang dengan Banyuwangi," terangnya.

Kapasitas

Dia menjelaskan, kapasitas dermaga IV MB yang baru di Pelabuhan Gilimanuk Bali ini maksimal 60 ton.

"Maksudnya, berat kendaraan yang melewati dermaga itu tidak boleh lebih dari 60 ton," katanya.

PT ASDP Indonesia Ferry juga memastikan, proses perombakan dermaga ini tidak akan menganggu lalu lintas penyeberangan dari Banyuwangi ke Bali dan sebaliknya.

"Termasuk musim liburan Idul Adha mendatang. Yang pasti akan dikelola dengan baik dan tidak sampai menganggu aktivitas penyeberangan," terangnya.

Pihaknya menargetkan pengerjaan perombakan dermaga itu selesai sebelum angkutan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Karena anggaran perombakan ini juga tak sedikit, mencapai Rp 54 miliar. Target rampung 7 bulan. Maksimal 31 November 2023," ucap Ira.

Sementara itu Bupati Jembrana, Nengah Tambah berharap, peningkatan status dermaga di Pelabuhan Gilimanuk akan mendorong tumbuhnya ekonomi di Kabupaten Jembrana, Bali.

"Sebab arus kendaraan yang masuk ke Bali akan dipermudah, tak perlu antre lama untuk bersandar," katanya kepada Kompas.com.

Menurut Nengah, fasilitas dermaga ini nantinya akan mendukung tol Jawa - Bali yang sedang dikebut pemerintah pusat.

"Kita ingin dapat bonus pariwisata. Indikatornya, ada pembangunan perombakan dermaga ini. Seandainya tol Probolinggo Banyuwangi sudah jadi. Langsung buru-buru ke Bali. Nah, Bali itu ya Jembrana," pungkas Bupati Jembrana.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/06/23/203350478/dermaga-di-gilimanuk-dirombak-durasi-penyeberangan-jawa-bali-dipastikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke