Salin Artikel

Gubernur Koster Geram Bali Disebut Mundur dari World Beach Games 2023

DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali I Wayan Koster tampak geram terkait pemberitaan yang menyebut Bali mundur sebagai tuan rumah World Beach Games 2023.

Menurutnya, pemberitaan tersebut sangat menyudutkan Bali dan dirinya sebagai orang nomor satu di Pulau Dewata. Padahal, Bali bukan sebagai penyelenggara dan penanggung jawab dalam event tersebut.

"Pemberitaan yang menyudutkan Bali mundur sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 dan disebut-sebut Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Gubernur Bali sebagai penanggung jawab, tidaklah benar," kata dia pada Rabu (5/7/2023) malam.

Dalam keterangan tertulis, Koster menjelaskan penyelenggara dalam ajang olahraga internasional tersebut adalah Association of National Olympic Committees (ANOC) dan anggarannya bersumber dari Pemerintah Pusat.

Kemudian, penanggung jawab dalam penyelenggara sekaligus penyedia anggaran World Beach Games 2023 juga panitia dan pemerintah pusat.

"Saya menegaskan Bali tidak ditunjuk menjadi penyelenggara World Beach Games dan hanya diminta menjadi tempat pelaksanaan," tegasnya.

"Yang membatalkan atau mundur menjadi penyelenggara World Beach Games adalah panitia pusat, bukan pemerintah provinsi Bali karena bukan kewenangan pemerintah provinsi Bali," sambungnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyatakan kesedian dan mendukung ajang yang sedianya akan bergulir di Bali pada 5-12 Agustus 2023 mendatang tersebut.

Dalam kesempatan itu, kata Koster, Okto sapaan Raja Sapta Oktohari mengaku ajang tersebut batal karena belum mendapat anggaran dari pemerintah pusat. Situasi terasa sulit karena waktu hanya tinggal satu bulan menjelang ajang tersebut bergulir.

"Oleh karena itu, atas pemberitaan di media yang menyebutkan Bali mundur jadi tuan rumah dan tanggung jawab Pemprov Bali adalah berita yang salah dan menyesatkan," tegasnya.

Koster memastikan dibatalkannya ajang tersebut tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara di Bali.

Saat ini, wisatawan mancanegara yang datang langsung terus mengalami peningkatan yakni mencapai 18.155 orang per hari.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/07/06/060407578/gubernur-koster-geram-bali-disebut-mundur-dari-world-beach-games-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke