Salin Artikel

2 Turis Asing Dipalak Pemandu Wisata Pura Besakih Bali, Gubernur: Pelaku Diperingatkan

Dalam unggahan itu, pengemudi mobil pariwisata itu mengaku merasa malu lantaran dua orang turis asing yang diantarnya ke lokasi dipalak oleh pemandu wisata setempat sebesar Rp 150 ribu, Sabtu (15/7/2023).

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan dua turis asing yang dipalak pemandu wisata tersebut merupakan warga negara Srilanka.

"Saya sudah WhatsApp barusan Kepala Badan (Pengelola Fasilitas Kawasan Pura Agung Besakih) benar ada dua warga negara Srilanka yang dipalak," kata dia saat ditemui di Gedung DPRD Provinsi Bali, pada Senin (17/7/2023).

Ia mengatakan, pihak pengelola sudah melakukan pemanggilan terhadap pemandu wisata yang melakukan aksi pemalakan tersebut.

Pemandu wisata itu, kata Koster, hanya diberikan sanksi berupa surat peringatan pertama.

Dia baru akan diberhentikan dari pekerjaannya bila mengulangi perbuatannya yang sama.

"Sudah dipanggil dia (pemandu wisata yang memalak) juga. Sudah ada fakta integritas, diberikan peringatan tiga kali, kalau enggak pecat," kata dia.

"Itu sudah (sanksi), itu kan lokal di sana, jadi ada ikatannya dengan badan pengelola, sudah ada tanda tangan integritas diberikan peringatan satu, kemudian kalau melanggar lagi diberikan peringatan kedua, peringatan ketiga, kalau itu sudah putus," sambung Koster.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/07/17/151909278/2-turis-asing-dipalak-pemandu-wisata-pura-besakih-bali-gubernur-pelaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke