Salin Artikel

Binaragawan yang Tewas Tertimpa Barbel 200 Kilogram Pernah Mewakili Klungkung di Porprov Bali 2022

DENPASAR, KOMPAS.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Klungkung, Bali, berduka setelah binaragawan bernama Herman Fauzi atau yang lebih dikenal Justyn Vicky (34), dilaporkan meninggal dunia.

Justyn tewas usai tertimpa barbel seberat 200 kilogram di sebuah pusat kebugaran di Jalan Danau Tamblingan, Kelurahan Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (15/7/2023), sekitar pukul 10.00 Wita.

Ketua KONI Klungkung, I Wayan Subamia mengatakan, Justyn pernah mewakili Kabupaten Klungkung dalam ajang Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Bali XV tahun 2022. Justyn tidak menyumbang mendali pada saat itu.

"Kemarin belum mendapatkan medali saat di Porprov 2022. Utusan dari KONI Klungkung," kata dia saat dihubungi pada Senin (24/7/2023).

Ia mengatakan, musibah yang menimpa Justyn tersebut pada saat dirinya latihan kebugaran secara mandiri. Dia juga belum tercatat memiliki kompetisi untuk mewakili Klungkung ke depannya.

Kendati demikian, KONI akan tetap berusaha mengajukan klaim asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk Justyn. Selain itu, biaya operasi Justyn sebelumnya juga ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami mengupayakan atlet tersebut lewat klaim asuransi, pertanggungan asuransi itu kan sebetulnya saat pertandingan tapi kami mengupayakan agar atlet itu sama dengan pertandingan itu kami dari KONI," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, atlet binaragawan bernama Herman Fauzi atau yang lebih dikenal Justyn Vicky (34) tertimpa barbel seberat 200 kilogram pada Sabtu (15/7/2023) sekitar pukul 10.00 Wita.

Saat itu, korban mengangkat barbel seberat 200 kilogram dengan teknik back squat didampingi oleh seorang saksi berinisial BM, pria warga negara Australia.

Dalam seketika, korban terjatuh dalam posisi duduk dan beben seberat 200 kilogram jatuh menimpa lehernya.

Selanjutnya, korban dibawa ke RS Siloam, Jalan Sunset Road, Kuta, Badung, untuk mendapat perawatan.

Setelah itu, dia dirujuk ke RSUD Wangaya agar dilakukan tindakan operasi pada Minggu (16/7/2023) sekitar pukul 15.00 Wita.

Namun, Justyn tidak sadarkan diri usai operasi dan dinyatakan meninggal dunia pada Senin (17/6/2023) pukul 14.00 Wita. Jenazah korban kemudian dipulangkan ke kampung orangtuanya di Jember, Jawa Timur.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/07/24/162612178/binaragawan-yang-tewas-tertimpa-barbel-200-kilogram-pernah-mewakili

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke