Salin Artikel

Buntut Kematian Binaragawan Justyn Vicky, PBFI Bali Rancang Pelatihan bagi Pengawas

Menyusul insiden itu, Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI) Provinsi Bali merancang pelatihan bagi pengawas dan pelatih.

Pelatihan tersebut terkait teknik pengamanan untuk mengantisipasi insiden gagal angkat beban seperti yang dialami oleh binaragawan Justyn Vicky.

Adapun pelatihan pada pengawas di pusat kebugaran rencananya akan dikelola oleh pengurus PFBI di masing-masing kabupaten dan kota di Bali.

Dilakukan dua orang

Susrama menilai, idealnya pengawasan angkat beban berat dilakukan oleh dua orang.

"Untuk pengamanan tidak cukup satu orang, harusnya ada dua orang. Kalau satu orang pengawas, itu pun dia harus menguasai teknik penyelamatan saat darurat," katanya, seperti dilansir dari Antara, Senin (24/7/2023).

Para pengawas perlu mendapatkan pelatihan agar bisa memahami teknik penyelamatan dan pengamanan jika terjadi kondisi darurat atau risiko gagal angkat beban.

Kemudian bagi atlet, pihaknya meminta agar mereka menyesuaikan kemampuan, berat badan dan tinggi badan saat mengangkat beban.

Menurutnya tidak ada atlet binaan Pra PON 2024 yang mengangkat beban sampai 210 kilogram untuk latihan otot paha.

"Kalau atlet yang dibina di tim Pra PON tidak ada angkat seberat itu untuk memperkuat otot paha, tidak ada, itu terlalu berat," katanya.

Pernah ikuti Porprov

Justyn Vicky yang bernama asli Herman Fauzi, kata dia, pernah mewakili Kabupaten Klungkung dalam Pekan Olahraga Provinisi (Porprov) Bali ke-15 tahun 2022.

"Justyn belum dapat juara waktu itu (Porprov) dan sekarang belum terpilih masuk Pra PON, masih muda dia," katanya.

Justyn mengalami kecelakaan saat berlatih. Dia tertimpa beban 200 kilogram dan mengalami patah leher, Sabtu (15/7/2023).

Sempat menjalani operasi, Justyn dinyatakan meninggal dunia.

Sumber: Antara

https://denpasar.kompas.com/read/2023/07/25/131132578/buntut-kematian-binaragawan-justyn-vicky-pbfi-bali-rancang-pelatihan-bagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke