Salin Artikel

Imigrasi Bali Batalkan Keberangkatan 3 WNI ke Kamboja, Ada Grup "Jual Ginjal" di Ponselnya

DENPASAR, KOMPAS.com - Petugas Imigrasi membatalkan keberangkatan tiga orang WNI ke Kamboja melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (27/7/2023).

Ketiganya masing-masing berinisial J (35), laki-laki bersama dua orang perempuan, YP (33), dan FF (27).

Mereka rencananya berangkat menggunakan pesawat Air Asia AK379 menuju Kuala Lumpur, Malaysia, dengan tujuan akhir Phnom Penh, Kamboja.

Dari hasil pemeriksaan awal, ketiga WNI tersebut mengaku dijanjikan oleh seseorang untuk bekerja di luar negeri secara ilegal atau non-prosedural.

"Petugas juga menemukan adanya grup obrolan pada aplikasi bertukar pesan Telegram dengan nama grup "Jual Ginjal" di ponsel WNI tersebut," kata Plh. Kapala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Baskoro Dwi Prabowo dalam keterangan tertulis, Kamis (27/7/2023).

Baskoro mengatakan, kasus ini terungkap berkat informasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Polres Bandara Ngurah Rai terkait adanya tiga WNI yang hendak bekerja ilegal di luar negeri.

Ketiganya kemudian dicegat saat melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan di konter Imigrasi Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Ngurah Rai, Rabu (26/7/2023) sekitar pukul 17.00 Wita.

"Saat ini posisi ketiga WNI tersebut sudah kami serahkan ke Polres Bandara Ngurah Rai untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut, dan kami juga telah berkoordinasi dengan BP2MI terkait temuan ini," kata dia.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/07/27/170617278/imigrasi-bali-batalkan-keberangkatan-3-wni-ke-kamboja-ada-grup-jual-ginjal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke