Salin Artikel

Moeldoko Sebut Rencana Pembangunan Bandara Bali Utara untuk Pemerataan Ekonomi

BULELENG, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengatakan, rencana pembangunan Bandara Internasional di Bali bagian utara untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di Bali.

Menurutnya, perekonomian di Bali saat ini hanya pesat terjadi di Bali selatan saja.

"Kita tidak bisa melihat perekonomian Bali hanya dari Kabupaten Badung saja, tetapi juga harus di Kabupaten Buleleng dan lainnya," kata Moeldoko saat berkunjung ke Buleleng, Kamis (27/7/2023).

Untuk itu, dia menegaskan tidak ada alasan menunda bandara yang rencananya dibangun di atas pantai di wilayah Kecamatan Kubutmbahan, Kabupaten Buleleng, ini.

"Keberadaan bandara itu akan ciptakan lapangan kerja yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar," katanya.

Menurut Moeldoko, pembangunan Bandara Bali Utara sudah dilakukan kajian yang mendalam. Pembangunan bandara di daerah tersebut juga dianggap sebagai bentuk efisiensi.

"Dengan mobilitas yang semakin cepat, pembangunan bandara di daerah tersebut dianggap sebagai bentuk efisiensi yang akan membawa manfaat bagi masyarakat," sambung dia.

Saat ini, Bandara Bali Utara belum dimasukkan kembali ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Namun, ia menganggap pembangunan bandara ini bisa menjadi bagian dari program pembangunan jangka panjang oleh pemerintah.

"Terpenting nanti Bandara Bali Utara bisa masuk program pembangunan jangka panjang. Ini masih dalam pembahasan karena dilihat dari kajian, bandara sangat di perlukan di Buleleng," sebutnya.

Moeldoko menegaskan, sebagai Kepala Staf Kepresidenan, tugasnya hanyalah untuk menyampaikan masukan dari masyarakat.

"Keputusan akhir tetap menjadi kewenangan Presiden. Namun apa yang disampaikan tokoh masyarakat, perbekel Kubutmbahan, tokoh adat, tokoh agama dan juga akdemisi akan segera di sampaikan ke Presiden," tutupnya.

Direktur PT BIBU (Bandara Internasional Bali Utara) Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko mengaku optimistis pemerintah pusat akan membangun Bandara Bali Utara di Kubutmbahan.

Selain mengatasi ketimpangan ekonomi antara Bali utara dan Bali selatan, pembangunan Bandara Bali Utara bukan proyek mendadak.

"Kami optimis. Pilihannya hanya satu, harus jadi. Ini kebutuhan, bukan keinginan kami. Dan kami juga yakin Presiden mendengarkan aspresiasi masyakarat," ujarnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/07/27/190740978/moeldoko-sebut-rencana-pembangunan-bandara-bali-utara-untuk-pemerataan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke