Salin Artikel

Tebing 30 Meter di Karangasem Runtuh, 3 Penambang Batu Tewas

KARANGASEM, KOMPAS.com - Tiga penambang batu di Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, tewas tertimpa tebing setinggi 30 meter yang runtuh, Senin (11/9/2023) sekitar pukul 13.00 Wita. Ketiganya tertimpa saat sedang menggali batu secara manual.

Kapolsek Bebandem AKP I Nengah Sunia mengatakan, tiga orang korban yang tewas dalam insiden ini yakni I Kadek Berata alias Lelo (44), I Ketut Sueca (40) dan I Kadek Pasek (37). Semua korban merupakan warga Desa Bhuana Giri, Karangasem.

Sunia menjelaskan, saat itu para korban bersama I Kadek Berata alias Dek Bong (34) menggali batu di pertengahan tebing milik Jro Mangku Budi sekitar pukul 09.00 Wita.

"Setelah berjalan 2 jam sekira 11.00 Wita, tiba-tiba tanah tebing setinggi sekitar 30 meter longsor," kata Sunia saat dikonfirmasi di Karangasem.

Material tanah dan batu yang longsor menimbun korban I Kadek Pasek dan I Kadek Berata (Lelo). Sedangkan I Ketut Sueca dan I Kadek Berata (Dek Bong) terpental hingga 1 meter.

Setelah ada kejadian itu, warga yang berada di lokasi langsung menghubungi petugas untuk meminta bantuan.

Proses evakuasi sempat tertunda karena tanah tebing masih labil. Kemudian lokasi korban I Kadek Berata (Lelo) tertimbun belum bisa dipastikan.

Pada pukul 12.30 Wita, petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, Basarnas, BPBD, dan warga memulai proses pencarian dan evakuasi korban menggunakan alat berat.

"Pukul 13.00 Wita, korban I Kadek Berata (Lelo) ditemukan dan dievakuasi. Lalu korban I Kadek Pasak dievakuasi pukul 13.17 Wita. Keduanya dalam keadaan meninggal dunia dan sudah dibawa ke rumah duka," bebernya.

Adapun korban yang terpental bernama I Ketut Sueca tewas dan sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Karangasem. Sedangkan I Kadek Berata (Dek Bong) selamat dengan mengalami luka pada punggung serta kaki lecet.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/09/11/155558678/tebing-30-meter-di-karangasem-runtuh-3-penambang-batu-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke