Salin Artikel

Kapal Kandas di Perairan Gilimanuk, 114 Penumpang Dievakuasi

Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Hendri Gunawan mengatakan, kapal itu kandas setelah mengalami mati mesin, pada Minggu (17/9/2023) siang.

Sebanyak 114 orang penumpang di dalam kapal dievakuasi oleh Tim SAR gabungan pada Minggu sore.

"KMP Gerbang Samudra 2 mengalami mati mesin saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Gilimanuk Bali," ucapnya, Senin (18/9/2023) dalam keterangan tertulis.

Ia menjelaskan, awalnya kapal yang mengangkut kendaraan jenis truk, roda empat, dan juga roda dua ini berangkat dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pukul 10.00 WIB.

"Ketika mendekati Dermaga Gilimanuk, kapal mati mesin dan terbawa arus. Kapal hendak lego jangkar namun akibat arus yang kuat kapal akhirnya kandas," jelas dia.

Kapal itu mengangkut 132 orang, yang terdiri dari 114 orang WNA dan WNI, serta 18 orang ABK.

"Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan 6 kali penjemputan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas dan Speed Boat Polair" imbuhnya.

Kepala Kantor Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya mengatakan seluruh proses evakuasi berjalan dengan lancar hingga sekitar pukul 14.30 Wita.

"Semua penumpang yaitu, 27 orang WNA, 76 orang WNI dan 11 orang anak-anak dievakuasi dan dibawa menuju VIP Pelabuhan Gilimanuk untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata dia.

"Hingga saat ini, posisi kapal masih kandas menunggu air pasang untuk penarikan menuju dermaga LCT," tutupnya.

https://denpasar.kompas.com/read/2023/09/18/100456178/kapal-kandas-di-perairan-gilimanuk-114-penumpang-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke